ERY IKA NURFADHILLAH SETYAWATI, 12207183068 (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Ery Ika Nurfadhillah Setyawati, NIM 12207183068, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Bpk Zainul Arifin, M.d.I Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Dalam penelitian ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena implementasi atau penerapan manajemen kelas yang di Kelola masih kurang maksimal. Manajemen kelas sangat berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi belajar peserta didik, dalam hal ini peneliti melihat di lapangan bahwa masih ada beberapa peserta didik yang motivasi belajarnya menurun. Motivasi belajar yang kurang baik pada peserta didik maka bisa disebut manajemen kelas di madrasah masih ada yang kurang baik, kurang maksimalnya manajemen kelas terdapat hambatan dalam pengelolaanya, dan tentunya juga terdapat solusi untuk upaya penerapan manajemen kelas dalam meningkatkna motivasi belajar peserta didik. Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2) Faktor apa yang menghambat manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 3) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 4) Bagaimana Bentuk evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MTsN 1 Kota Blitar. 2) Untuk mengetahui factor yang menghambat manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MTsN 1 Kota Blitar. 3) Untuk mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTsN 1 Kota Blitar. Sumber data yang diambil dari kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru-guru. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya meliputi triangulasi, ketekunan pengamatan, kecukupan referensial. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu meliputi: Pertama pengadaan sarana prasarana yang ada di madrasah. Kedua melakukan pengawasan pada proses pembelajaran. Ketiga meningkatkan pendekatan guru terhadap peserta didik. 2) Hambatan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu: Pertama keterlambatan cairnya dana BOS untuk madrasah, kedua masih kurangnya pengetahuan beberapa guru mengenai teknologi sarana prasarana di era digital, ketiga masih ada beberapa guru yang masih menggunakan proses pembelajaran yang terlalu monoton. 3) Solusi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu: Pertama mengadakan rapat musyawarah dengan para guru, staff karyawan, dan wali murid setiap tahun. 2) Kedua mewajibkan para guru mengikuti kegiatan MGMP. 3) Ketiga meninjau perkembangan peserta didik. 4) keempat menciptakan proses pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183068 ERY IKA NURFADHILLAH SETYAWATI |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 06:22 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 06:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28160 |
Actions (login required)
View Item |