PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN KOTA BLITAR

ERIENA DHEAS YULISTIANA, 17201163184 (2020) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN KOTA BLITAR Oleh: Eriena Dheas Yulistiana NIM. 17201163184 Skripsi ini dibimbing oleh: Dr. Moh. Arif, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang sering terjadi pada saat ini aitu lemahnya proses pembelajaran karena kurangnya dorongan pada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan ber fikirnya dan sebagai pendidik kita memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan belajar peserta didik dengan faktor cara mengajar pendidik yang sangat menentukan, karena sekecil apapun usaha kita akan sangat berpengaruh terhadap peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN KOTA BLITAR? (2) Adakah pengaruh pemberian penguatan non verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN KOTA BLITAR? (3) Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal dan non verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN KOTA BLITAR? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 468 siswa MAN Kota Blitar dengan jumlah sampel 7% dari jumlah populasi yaitu 35 siswa. Variabel peneltian terdiri dari variabel bebas yaitu pemberian penguatan dan variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, linear berganda, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari uji regresi sederhana menjelaskan bahwa nilai signifikansi pada variabel X dan Y1 sebesar 0,002 dan variabel X dan Y2 sebesar 0,01. Melihat ketentuan pada uji regresi sederhana jika nilai sig. < 0,005 maka model regresi adalah linier, dan berlaku sebaliknya. Berdasarkan tabel ANOVA di atas diperoleh nilai sig. 0,002 dan 0,001 yang berarti < kriteria signifikan 0.005, dengan demikian model regresi sederhana berdasarkan data penelitian adalah signifikan. Artinya, model regresi memenuhi kriteria linieritas atau terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). (2) Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 12.312 dengan F tabel sebesar 0,316. Dengan membandingkan besarnya angka F hitung dengan F tabel maka H O ditolah dan H a diterima. (3) Hasil uji regresi ganda diperoleh nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 17201163184 ERIENA DHEAS YULISTIANA
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:53
Last Modified: 25 Jul 2022 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28175

Actions (login required)

View Item View Item