ERIENA DHEAS YULISTIANA, 17201163184 (2020) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN KOTA BLITAR Oleh: Eriena Dheas Yulistiana NIM. 17201163184 Skripsi ini dibimbing oleh: Dr. Moh. Arif, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang sering terjadi pada saat ini aitu lemahnya proses pembelajaran karena kurangnya dorongan pada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan ber fikirnya dan sebagai pendidik kita memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan belajar peserta didik dengan faktor cara mengajar pendidik yang sangat menentukan, karena sekecil apapun usaha kita akan sangat berpengaruh terhadap peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN KOTA BLITAR? (2) Adakah pengaruh pemberian penguatan non verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN KOTA BLITAR? (3) Adakah pengaruh pemberian penguatan verbal dan non verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN KOTA BLITAR? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 468 siswa MAN Kota Blitar dengan jumlah sampel 7% dari jumlah populasi yaitu 35 siswa. Variabel peneltian terdiri dari variabel bebas yaitu pemberian penguatan dan variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, linear berganda, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari uji regresi sederhana menjelaskan bahwa nilai signifikansi pada variabel X dan Y1 sebesar 0,002 dan variabel X dan Y2 sebesar 0,01. Melihat ketentuan pada uji regresi sederhana jika nilai sig. < 0,005 maka model regresi adalah linier, dan berlaku sebaliknya. Berdasarkan tabel ANOVA di atas diperoleh nilai sig. 0,002 dan 0,001 yang berarti < kriteria signifikan 0.005, dengan demikian model regresi sederhana berdasarkan data penelitian adalah signifikan. Artinya, model regresi memenuhi kriteria linieritas atau terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). (2) Hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 12.312 dengan F tabel sebesar 0,316. Dengan membandingkan besarnya angka F hitung dengan F tabel maka H O ditolah dan H a diterima. (3) Hasil uji regresi ganda diperoleh nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163184 ERIENA DHEAS YULISTIANA |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:53 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28175 |
Actions (login required)
View Item |