STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MAN 2 KEDIRI

DYAH PUJI RAHMAWATI, 12207183099 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI MAN 2 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MAN 2 Kediri” ini ditulis oleh Dyah Puji Rahmawati, NIM. 12207183099, PROGRAM STUDI Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Pengelolaan Sarana dan Prasarana Salah satu faktor keberhasilan program pendidikan adalah sarana dan prasarana yang memadai serta kemampuan yang terkait dengan pemanfaatan dan pengelolaan yang optimal. Strategi kepala madrasah merupakan faktor penting yang mempengaruhi perkembangan sarana dan prasarana pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang memadai sesuai standar nasional pendidikan mendeskripsikan bahwa kepala madrasah memiliki kemampuan manajerial yang handal dalam pengelolaan dan melengkapi fasilitas penunjang belajar siswa. Fokus Penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri, (2) Bagaimana implementasi perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri, (3) Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri. Tujuan penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri, (2) Untuk mendeskripsikan implementasi perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri adalah melibatkan guru dan staff dengan memberi keleluasaan menyampaikan pendapat dan masukan, melakukan koordinasi dengan waka sarana dan prasarana, melakukan analisis kebutuhan, analisis pembiayaan dan skala prioritas. (2) Implementasi perencanaan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri adalah dengan pengorganisasian dan pengarahan. Pertama, pengorganisasian yang terdiri dari: Mengorganisasikan siapa saja yang bertanggung jawab dalam pengimplementasikan perencanaan, pembagian tugas mengenai pengelolaan sarana dan prasarana, menetapkan tim pelaksana sarana dan prasarana, dan memberi informasi yang jelas kepada petugas tentang tugas atau kegiatan yang harus dilakukan terkait pengelolaan sarana dan prasarana. Kedua, pengarahan yang terdiri dari pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan. a) Pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan setiap tahun ajaran baru: melakukan analisis kebutuhan, klasifikasi barang, pembuatan dan pengajuan proposal anggaran, dan pembelanjaan dan pendataan barang. b) Pemeliharaan sarana dan prasarana setiap bulan berjalan dan setiap hari: mendata dan mengecek kondisi barang, jika ada kerusakan segera diadakan perbaikan dan replace jika kerusakan sudah parah. Melakukan sosialisasi kepada seluruh warga madrasah oleh kepala madrasah untuk turut berpartisipasi menjaga dan merawat sarana dan prasarana di madrasah. c) Penghapusan barang. Dilakukan dengan pelelangan, pemusnahan kemudian digudangkan. (3) Evaluasi strategi kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN 2 Kediri dilakukan dengan pengawasan. Baik dilakukan observasi langsung, dengan rapat, maupun laporan. Rapat dilakukan rutin setiap bulan dan terprogram dalam rapat umum setiap akhir semester. Dengan menganalisa kegiatan yang telah diterapkan, mengecek data inventaris sarana dan prasarana madrasah dalam satu tahun, mendengar pendapat dan masukan dari warga madrasah tentang tingkat kepuasan terhadap perkembangan sarana dan prasarana yang ada, selain itu kepala madrasah juga menganalisis secara pribadi apa saja kekurangan dan kelebihan dan salah satu tolak ukur dilihat dari prestasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183099 DYAH PUJI RAHMAWATI
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:37
Last Modified: 08 Aug 2022 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item