PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

KHASANAH, NURUL (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Nurviyantati, Resma Selvia, 3214113137, 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulunggaung. Pembimbing: Indah Khomsiyah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Mind Mapping, Media Power Point, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena, itu, dibutuhkan inovasi-inovasi baru bagi guru dalam hal pengajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna. Namun pada kenyataannya banyak guru yang telah puas dengan metode mengajar yang biasa dilakukannya. Sehingga mereka merasa tidak perlu untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam pengajaran. Hal demikianlah yang menyebabkan pendidikan di Indonesia kurang berkembang. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan mengenai slah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdaskan siswa. Inovasi tersebut adalah metode pembelajarn mind mapping. Metode pembelajaran mind mapping ini akan lebih bermakna apabila didukung dengan menggunakan media power point yang dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek?. (2) Apakah metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Variable bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H dan VIII I yang berhumlah 62 siswa. Penelitian ini dilaksanakandi SMP Negeri 1 Durenna Trenggalek tanggal 18 April sampai 9 Mei 2015. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normlitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh signifikan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negri 1 Durenan Trenggalek.hal tersebut dapat dpat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai t_hitung=6.226, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t_tabel=1.67065 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t_hitung>t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point dengan pembelajaran konvensional. Sedangkan besarnya pengaruh metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek sebesar 18.72%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek, dengan besar pengaruh 18.72%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NURUL KHASANAH
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:24
Last Modified: 18 Dec 2015 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item