KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA SISWA KELAS IX MTS AL HIDAYAH BUDUG PETERONGAN JOMBANG

RIKA NUR LAILA, 12204183243 (2022) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA SISWA KELAS IX MTS AL HIDAYAH BUDUG PETERONGAN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Siswa Kelas IX MTs Al Hidayah Budug Peterongan Jombang” ini ditulis oleh Rika Nur Laila, NIM. 12204183243, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: literasi matematika, soal PISA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA yang tercatat di dalam hasil studi PISA 2018 yang masih rendah. Dalam menyelesaikan soal PISA dibutuhkan literasi matematika. Literasi matematika merupakan kemampuan memahami dan menggunakan matematika dalam berbagai konteks dalam memecahkan masalah. Bahkan, dalam kurikulum 2013, mata pelajaran matematika diharapkan tidak hanya membekali siswa dengan kemampuan untuk menggunakan perhitungan atau rumus dalam mengerjakan soal tes saja akan tetapi juga mampu melibatkan kemampuan bernalar dan analitisnya dalam memecahkan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah ini tidak hanya masalah yang berupa soal rutin akan tetapi lebih kepada permasalahan dalam konteks sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal bermodel PISA kelas IX MTs Al Hidayah Budug Peterongan Jombang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa kelas IX di MTs Al Hidayah yang dipilih berdasarkan hasil tes tertinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara ketekunan/keajegan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal bermodel PISA mampu merumuskan permasalahan, menerapkan konsep matematis, menafsirkan permasalahan, dan mengevaluasi solusi mencapai hasil tertinggi pada soal PISA level 3 serta mampu dalam konten quantity dan change and relationship.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183243 Rika Nur Laila
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:40
Last Modified: 25 Jul 2022 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28214

Actions (login required)

View Item View Item