KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI METODE BERNYANYI PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA WATULIMO

RIMA DWI FITRIASIH, 12206173004 (2022) KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI METODE BERNYANYI PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA WATULIMO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Mengenal Angka Melalui Metode Bernyanyi Pada Peserta Didik Kelompok A Tk Dharma Wanita Watulimo” ditulis oleh Rima Dwi Fitriasih, NIM. 12206173004. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahro, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Angka, Metode Bernyanyi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kesulitan guru dalam mengenalkan angka kepada anak usia dini. Hal ini dikarenakan konsep bilangan sifatnya abstrak dan anak usia dini belum bisa berpikir secara abstrak melainkan mereka berpikir secara kongkrit. Oleh karena itu dalam mengenal konsep bilangan bagi anak, tidak hanya menggunakan tampilan bahasa lisan saja tetapi harus dibutuhkan metode yang menarik dan dapat membantu proses pengenalan angka pada anak. Salah satu metode yang tepat dan menarik untuk memudahkan anak dalam mengenal angka adalah metode bernyanyi. Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran mengenal angka melalui metode bernyanyi pada Pendidikan anak usia dini di kelompok A TK Dharma Wanita Watulimo. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mengenal angka melalui metode bernyanyi pada Pendidikan anak usia dini di kelompok A TK Dharma Wanita Watulimo. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran mengenal angka melalui metode bernyanyi pada Pendidikan anak usia dini di kelompok A TK Dharma Wanita Watulimo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu: (1) Memperpanjang waktu kehadiran, (2) Ketekunan atau Keajekan Pengamatan, (3) Tiangulasi, (4) Pemeriksaan teman sejawat, dan (5) Member check. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: 1) Perencanaan pembelajaran mengenal angka melalui metode bernyanyi yaitu menggunakan kurikulum K13, menentukan teknik, dan mempersiapkan materi serta alat peraga. 2) Pelaksanaan pembelajaran mengenal angka melalui metode bernyanyi yaitu guru menunjukkan gambar, anak-anak menyebutkan jumlah lambang bilangan dari gambar tersebut, kemudian guru akan menjukkan bentuk dari angka yang dimaksud dan anak-anak akan menebali titik-titik bentuk angka yang belum sempurna, 3) Evaluasi pembelajaran mengenal angka melalui metode bernyanyi yaitu untuk memperbaiki kegiatan belajar dan bentuk evaluasi yang dilakukan dengan tanya jawab atau kuis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173004 RIMA DWI FITRIASIH
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:05
Last Modified: 25 Jul 2022 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item