RISMA AYU NINGTIAS, 12207183130 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (696kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Risma Ayu Ningtias, NIM. 12207183130, Pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci: Manajeman, Kesiswaan, Motivasi Belajar Sekolah Menengah kejuruan (SMK) 1 Durenan Trenggalek adalah salah satu SMK unggul yang ada di kabupaten trenggalek dengan pendaftar yang banyak. berkaitan dengan hal itu sekolah harus meningkatkan motivasi belajar siswa melalui manajeman kesiswaan yang baik. Manajeman kesiswaan ini akan dilakukan dalam 3 tahap yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Ketiga tahap itu saling berikatkan untuk terciptanya motivasi belajar siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui, dan menganalisis perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, (2) Untuk mengetahui, dan menganalisis pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, dan (3) Untuk mengetahui, dan menganalisis evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, 0bservasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dimulai dari awal pendaftaran peserta didik baru yang akan diterima, Perencanaan pembelajaran seperti RPP, silabus, program tahunan, program semester, menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan jadwal penyusunnanya mengacu pada kalender akademik SMK, (2) Pelaksanaan Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa disesuaikan dengan mengacu RKM sekolah, yang dilaksanakan didalam dan diluar pembelajaran dengan cara pendekatan individual pada siswa, dan dilaksanakannya kegiatan pembinaan sebelum mengirimkan delegasi siswa untuk mengikuti perlombaan diluar baik porseni maupun yang lainnya dan (3) Evaluasi Kesiswaan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa berupa kegiatan pembelajaran dan prestasi siswa melalui rapat koordinasi untuk bermusyawarah dengan guru-guru dan para staff kependidikan dan evaluasi mengenai motivasi siswa, dan evaluasi setiap tahun program ini dimulai ke siswa dari prestasi belajar, prestasi apa saja yang sudah dicapai oleh siswa kemudian evaluasi di fasilitas pembelajaran yang digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183130 RISMA AYU NINGTIAS |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:43 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28218 |
Actions (login required)
View Item |