STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR CALISTUNG PADA SISWA KELAS 1 MIN 2 BLITAR

EVI NOVITASARI, 12205183030 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR CALISTUNG PADA SISWA KELAS 1 MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh dinamika belajar tentang kemampuan siswa dalam membaca, menulis dan juga berhitung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar dilaksanakan dengan pendekatan berbasis aktivitas siswa, model komunikatif yaitu model CTL dan PBL dan mengasyikkan yaitu dengan metode lagu dan bernyanyi, serta media audiovisual dan card sort, sehingga anak diharapkan menguasai materi calistung dengan baik dan hasilnya berkualitas. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas sebelum pembelajaran dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar? 2) Bagaimana penyampaian materi pelajaran dan tahap pembelajaran yang perlu dilaksanakan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan akhir dalam belajar calistungpada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar? 3) Bagaimana partisipasi peserta didik dalam bentuk latihan dan pemberian umpan balik dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus dengan lokasi di MIN 2 Blitar. Data yang kami dapatkan dari guru dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu 1) Aktivitas sebelum pembelajaran dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar sebagaimana hasil penelitian ini adalah guru melakukan kegiatan motivasi dengan membaca Pancasila, membaca surah pendek, membaca asmaul husna dan kegiatan literasi selama 10 menit sebelum program pembelajaran dimulai, dan menciptakan suasana belajar menyenangkan, tidak membedakan antar siswa dan membangun kompetensi yang sehat. 2) Penyampaian materi pelajaran dan tahap pembelajaran yang perlu dilaksanakan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan akhir dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar melalui pembelajaran tambahan calistung setelah pulang sekolah sekitar 15-30 menit. Guru melakukan bimbingan secara individual setelah pembelajaran selesai. Kegiatan pembelajaran Calistung menggunakan model CTL, PBL, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas. 3) Partisipasi peserta didik dalam bentuk latihan dan pemberian umpan balik dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar yaitu mempunyai keberanian dan rasa percaya diri dalam mengutarakan pendapatnya pada saat kegiatan belajar mengajar. Pemberian reward atau hadiah berupa nilai atas pekerjeaan siswa, penguatan verbal dengan perkataan baik dan non verbal. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu 1) Aktivitas sebelum pembelajaran dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar sebagaimana hasil penelitian ini adalah guru melakukan kegiatan motivasi dengan membaca Pancasila, membaca surah pendek, membaca asmaul husna dan kegiatan literasi selama 10 menit sebelum program pembelajaran di mulai, dan menciptakan suasana belajar menyenangkan, tidak membedakan antar siswa dan membangun kompetensi yang sehat. 2) Penyampaian materi pelajaran dan tahap pembelajaran yang perlu dilaksanakan oleh guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan akhir dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar melalui pembelajaran tambahan calistung setelah pulang sekolah sekitar 15-30 menit. Guru melakukan bimbingan secara individual setelah pembelajaran selesai. Kegiatan pembelajaran Calistung menggunakan metode belajar Tanya jwab, diskusi dan pemberian tugas. 3) Partisipasi peserta didik dalam bentuk latihan dan pemberian umpan balik dalam belajar calistung pada siswa kelas 1 MIN 2 Blitar, peserta didik mempunyai keberanian dan rasa percaya diri dalam mengutarakan pendapatnya pada saat kegiatan belajar mengajar. Pemberian reward atau hadiah berupa nilai atas pekerjeaan siswa, penguatan verbal dengan perkataan baik dan non verbal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183030 EVI NOVITASARI
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:13
Last Modified: 22 Jul 2022 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28222

Actions (login required)

View Item View Item