PRAKTEK JUAL BELI ANAK AYAM LAGA DENGAN HARGA TINGGI PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Di Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang)

MOHAMMAD HAEKAL RAHMAN, 12101173060 (2022) PRAKTEK JUAL BELI ANAK AYAM LAGA DENGAN HARGA TINGGI PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Di Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohammad Haekal Rahman 12101173060, Praktek Jual Beli Anak Ayam Laga Dengan Harga Tinggi Perspektif Fiqih Muamalah(Studi Kasus Di Desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Tulungagung, 2022, Pembimbing: Ali Abd Somad VEA, S.Ag., Mpd.I. Kata Kunci: Hukum Jual-beli, Fiqih Muamalah, Anak Ayam Laga dengan Harga Tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya fenomena praktek jual beli anak ayam laga yang ditujukan untuk dilagakan yang menuntut perhatian khusus dari segi Fiqih Muamalah oleh berbagai elemen masyarakat khususya para tokoh agama di Desa Bandung. Pasalnya praktek jual beli peranakan ayam laga memiliki beberapa maksud diantaranya sebagai sebuah hobi dan juga untuk dilagakan yang mengakibatkan harga penjualnnya tinggi tanpa ada strandarisasinya. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui sejauh mana praktek jual beli anak ayam laga yang terjadi di desa Bandung serta bagaimana persepsi tokoh agama terkait praktek tersebut perspektif fiqih muamalah. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana praktek jual beli anak ayam laga dengan harga tinggi di Bandung Diwek Jombang? 2) Bagaimana praktek jual beli anak ayam laga dengan harga tinggi perspektif Fiqh Muamalah? Metode Penelitian: adapun pendekatan atau metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, sedang jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian lapangan (field research), dengan cara menganalisis data yang diproleh secara deskriptif analisis. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik analisis deduksi, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengambilan kesimpulan. Peneliti dalam upaya pengabilan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa jual beli anakan ayam laga dengan harga tinggi di Bandung benar adanya. Para penjual merawat peranakan ayam bangkok dengan sangat selektif mengingat begitu banyaknya pasar yang meminta dan kualitas ayam bangkok dapat ditentukan dari induknya karena dipercaya jika induknya selama dilagakan kerap memenangkan maka peranakannya pun begitu dan harganya akan mengikuti pasarnya. 2) Perspektif fiqih muamalah menjelaskan bahwa penetapan harga penjualan ayam laga di Desa Bandung sudah memenuhi syarat sah yakni adanya akad kesepakatan antara penjual dan pembeli terkait harga dan terhindar dari tas’ir yakni terhindar dari upaya melambungkan harga secara dzalim.

Item Type: Skripsi
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101173060 Mohammad Haekal Rahman
Date Deposited: 16 Sep 2022 07:10
Last Modified: 16 Sep 2022 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28232

Actions (login required)

View Item View Item