PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK PADA ERA PEMBELAJARAN DARING DI SDN SEBAYI 02 GEMARANG MADIUN

NYILA SARI PRASETYA ANGGRAINI, 12201183058 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK PADA ERA PEMBELAJARAN DARING DI SDN SEBAYI 02 GEMARANG MADIUN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Era Pembelajaran Daring di SDN Sebayi 02 Gemarang Madiun” ini ditulis oleh Nyila Sari Prasetya Anggraini, NIM. 12201183058, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Peran Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Daring Orang tua menjadi garda terdepan selama pembelajaran daring karena orang tua bertanggung jawab membantu anak memahami materi pelajaran yang biasanya diajarkan oleh guru. Terlebih dalam Pendidikan Agama Islam dimana sangat penting diberikan kepada peserta didik sejaka dini. Sebagai sumber belajar orang tua harus memiliki wawasan luas agar bisa mendidik anaknya mengajarkan baik buruknya suatu hal serta mampu menjalani perannya dengan baik agar mencapai hasil belajar yang maksimal. Dengan itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan peran orang tua dalam Pendidikan Agama Islam peserta didik dengan mengambil judul “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Era Pembelajaran Daring di SDN Sebayi 02 Gemarang Madiun”. Fokus penelitian yang diambil adalah (1) Bagaimana peran orang tua sebagai fasilitator dalam Pendidikan Agama Islam peserta didik pada era pembelajaran daring di SDN Sebayi 02 Gemarang Madiun?.(2) Bagaimana peran orang tua sebagai motivator dalam Pendidikan Agama Islam peserta didik pada era pembelajaran daring di SDN Sebayi 02 Gemarang Madiun?. (3) Bagaimana peran orang tua sebagai director dalam Pendidikan Agama Islam peserta didik pada era pembelajaran daring di SDN Sebayi 02 Gemarang Madiun?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kreadibilitas meliputi perpanjangan keikutsertaan serta ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejwat. Hasil penelitian ini (1) Orang tua selalu memberikan fasilitas terbaik untuk belajar peserta didik berupa fasilitas material dan moral. Fasilitas material misalkan semua alat untuk belajar mulai dari alat tulis, buku tulis, buku ajar, materi-materi belajar, akses internet dll. Sedangkan fasilitas moral merupakan kasih sayang dari orang tua, dukungan, kehadiran dan keikutsertaan orang tua dalam proses belajar sangat berharga untuk peserta didik. (2) Orang tua selalu memberikan motivasi kepada peserta didik meskipun cara dalam memberikan motivasi setiap orang tua berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama yaitu agar peserta didik selalu semangat dan tidak merasa jenuh atau bosan dalam melakukan proses pembelajaran dirumah. (3) Orang tua menjadi pengaruh yang besar terhadap proses Pendidikan Agama Islam peserta didik terlebih dalam proses pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183058 NYILA SARI PRASETYA ANGGRAINI
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:18
Last Modified: 05 Aug 2022 07:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28237

Actions (login required)

View Item View Item