AIDA NUR AZIZAH, 12205183280 (2022) PERAN PARSITIPASI AKTIF WALI SISWA TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS 4 MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Parstipasi Aktif Wali Siswa Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di Kelas 4 MI Plus Al Istigotsah Panggungrejo,” ditulis oleh Aida Nur Azizah, Nomor Induk Mahasiswa 12205183280, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( PGMI ), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom.,M.Pd. Kata Kunci: Peran Wali Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh Pembelajaran jarak jauh atau daring merupakan suatu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan menggunakan internet dimana dalam proses pembelajarannya tidak dilakukan dengan tatap muka tetapi menggunakan media elektronik yang mampu memudahkan siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Di masa pandemi menyebabkan pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh sehingga wali siswa mempunyai peran langsung dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Penelitian ini hanya fokus terhadap peran wali siswa terhadap pembelajaran jarak jauh. 2) Penelitian ini menggunakan objek yakni wali siswa dan peserta didik saja. 3) Penelitian ini mengamati dengan detail tentang peran partisipasi aktif orang tua sebagai mitra guru, untuk keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Istigotsah Panggungrejo. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang di peroleh yaitu peran wali siswa dalam mendampingi anak dalam pembelajaran jarak jauh siswa kelas 4 MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung berperan menjadi empat bagian yaitu, peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik, peran orang tua sebagai pembimbing, peran orang tua sebagai motivator dan peran orang tua sebagai fasilitator agar siswa dapat belajar dengan baik dan meningkat terkontrol dengan baik serta fasilitas yang memadai untuk menunjang pembelajaran jarak jauh anak. Hasil dari data penilaian siswa kelas 4 menunjukkan kenaikan nilai yang signifikan setelah ada peran wali siswa di sebagai pengasuh dan pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa peran wali siswa dalam pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar yang di peroleh siswa menunjukkan peningkatan yang dapat dilihat dari segi hasil nilai..
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183280 AIDA NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 01:56 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28242 |
Actions (login required)
View Item |