STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP IT AL-AZHAAR TRENGGALEK

LUSWYAGA WAHYU AMELYA, 12208183024 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP IT AL-AZHAAR TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (943kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Strategi Pembelajaran Guru IPA dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup Kelas VII di SMP IT Al-Azhaar Trenggalek” ditulis oleh Luswyaga Wahyu Amelya, NIM. 12208183024, dosen pembimbing: Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci : Guru IPA, Strategi, Hasil belajar, sistem organisasi kehidupan makhluk hidup Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa terdapat hasil belajar siswa yang masih dibawah rata-rata khususnya pada pembelajaran IPA materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup. Hal tersebut dapat terjadi karena siswa merasa bosan sehingga tidak tertarik pada materi disebabkan pembelajaran yang monoton, dikarenakan didalamnya terdapat banyak komponen yang harus dikuasai peserta didik terkait materi dan banyak istilah-istilah yang harus dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut tentunya berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut dalam kegiatan pembelajaran guru selayaknya menggunakan berbagai strategi pembelajaran untuk membantu siswa agar lebih berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu memahami dengan baik materi yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar, (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar, (4) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan meneliti objek alami atau fakta-fakta yang ada di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kondisi dan hubungan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan pembelajaran guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar yaitu berupa penyusunan RPP yang telah dikembangkan dari silabus. Guru IPA melakukan perencanaan mengenai strategi pembelajaran yang berpusat pada guru, siswa, dan juga materi. Dalam penyusunan RPP hal yang perlu diperhatikan diantaranya memahami karakteristik materi yang akan disampaikan, memahami karakteristik siswa ataupun kondisi kelas, dan juga sarana dan prasarana yang ada di sekolah, (2) Pelaksanaan pembelajaran guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT AlAzhaar yaitu sesuai yang telah disusun sebelumnya pada RPP. Pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan saintifik. Penerapan metode yang bervariasi diantaranya ceramah, pengamatan langsung, kuis dengan game NHT. Penggunaan media sesuai dengan kebutuhan dari materi yang diajarkan (laptop, proyektor, alat dan bahan untuk praktikum). Membangkitkan semangat serta motivasi melalui pendekatan dengan siswa. Hal di atas bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam belajar sehingga mampu meningkatkan hasi belajar siswa, (3) Evaluasi guru IPA dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar yaitu berupa: penilaian pengetahuan, penilaian sikap dan penilaian keterampilan. Penilaian pengetahuan (kognitif) dilihat dari hasil tugas LKS yang diberikan, tanya jawab pada saat kuis. Penilain aspek afektif (sikap) dinilai dari absensi, dan sikap siswa kepada guru, ataupun kepada teman sebaya, kekatifan siswa, dan juga absensi. Penilaian keterampilan dinilai dari pada saat praktikum dan produk hasil praktikum, (4) Faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup kelas VII di SMP IT Al-Azhaar. Faktor penghambat pada pembelajaran diantaranya kurangnya fasilitas pendukung, suasana kelas, kurangnya minat siswa, pengaruh teman sebaya. Sedangkan faktor pendukung yaitu penyampaian guru yang menarik, penerapan metode yang bervariasi, sarana dan prasarana yang disediakan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183024 LUSWYAGA WAHYU AMELYA
Date Deposited: 26 Jul 2022 05:54
Last Modified: 26 Jul 2022 05:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item