STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MA PLUS KETERAMPILAN AL-MA’ARIF PONDOK PANGGUNG TULUNGAGUNG

AFIA PUJI LESTARI, 12207173046 (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI MA PLUS KETERAMPILAN AL-MA’ARIF PONDOK PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Dengan judul skripsi “ Strategi Kepala Sekolah dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Peserta Didik di MA Plus Ketrampilan AL-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung”. Penelitian ini ditulis oleh Afia Puji Lestari, NIM 12207173046, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Strategi kepala sekolah, menanamkan akhlakul karimah, peserta didik. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya akhlakul karimah pada peserta didik. Kepala sekolah yang sudah memberikan peraturan atau tata tertib yang ada di madrasah, tetapi pelaksanaanya yang belum maksimal. Sehingga itu mempengaruhi penanaman akhlakul karimah pada peserta didikdi MA Plus Keterampilan AL-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung. Strategi kepala sekolah dalam hal ini yaitu bisa mendorong dan mewujudkan program yang ada dimadrasah, seperti mewujudkan visi dan misi, serta tujuan sekolah. Fokus menelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagimana perencanaan kepala sekolah dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MA Plus Keterampilan AL-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung, 2) Bagaimana langkah-langkah menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MA Plus Keterampilan AL-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung, 3) Bagaimana kendalan dan solusi dalam menanamkan akhlakul karimah di MA Plus Keterampilan AL-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh terdapat dua jenis, yang pertama bersumber dari manusia ( diperoleh melalui kepala sekolah, dan guru), dan kedua dari non manusia (berisi catatan dan foto hasil observasi). Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian disusun (dirangkum, dipilih hal-hal pokoknya), penyajian data (mendeskripsikan data dengan singkat yang berbentuk teks naratif) dan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitianya menunjukkan bahwa: (1) Formulasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik di MA Plus Keterampilan AL-Ma’arif Pondok Panggung Tulungagung diantaranya: Kepala sekolah merancang program madrasah seperti membuat visi misi madrasah, dan tujuan madrasah. (2) Langkah-langkah kepala sekolah menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik diantaranya: menerapkan aturan yang ada diprogram madrasah kemudian dikawal untuk dijalankan sampai berhasil, menerapkan 5s (senyum, sapa, salam, sopan, santun), dan wajib sholat dhuha. (3) Kendala dan solusi kepala sekolah dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik diantaranya: kendalanya (kendala internal dari lingkungan kelas, lingkungan sekolah, pertemanan dan kendala eksternal dari lingkungan keluarga, lingkungan tetangga). Solusinya (solusi internal kepala sekolah menerapkan kegiataan keagamaan, menerapkan 5s, sholat dhuha dan solusi eksternalnya kepala sekolah bekerja sama dengan orang tua wali murid untuk selalu memperhatikan anaknya dalam berteman, untuk peserta didik yang mondok kepala sekolah bekerja sama dengan pengurus pondok agar anak yang bermasalah ini selalu diawasi dan di perhatikan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173046 AFIA PUJI LESTARI
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:26
Last Modified: 26 Jul 2022 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28276

Actions (login required)

View Item View Item