IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 6 BLITAR

RR BUNGA WINA RAHMA, 12201183351 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 6 BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (605kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembentukan karakter yang memiliki esensi sama dengan pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter atau moral yaitu memiliki tujuan untuk membentuk anak agar memiliki sifat dan perilaku yang luhur. Pendidikan karakter tersebut sudah tentu dibutuhkan terutama pada usia sekolah, karena merupakan wilayah afektif yang melekat dalam diri setiap individu, yang meliputi sikap, attitude, dan tanggung jawab seseorang. MtsN 6 Blitar telah dinobatkan sebagai lembaga berbasis islam yang melakukan pembentukan karakter melalui pembelajaran Fiqih didalam kelas maupun di luar kelas melalui strategi, pengamatan serta penilaian perilaku peserta didik dalam seluruh kegiatan belajar dan bersosial di lingkungan sekolah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MtsN 6 Blitar?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MtsN 6 Blitar?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MtsN 6 Blitar?. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis pembelajaran Fiqih (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) dalam membentuk karakter peserta didik kelas VII di MtsN 6 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, guru Fiqih, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan temuan yang digunakan yaitu dengan menggunakan triangulasi, perpanjangan keikutsertaan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Perencanaan Pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter Peserta Didik Kelas VII di MtsN 6 Blitar dengan merumuskan tujuan khusus, menentukan kegiatan belajar mengajar, memilih alat dan bahan, dan ketersediaannya fasilitas; 2) Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter Peserta Didik Kelas VII di MtsN 6 Blitar dengan mengamati (Observing), menanya (questioning), mengumpulkan data atau informasi, mengasosiasikan atau mengolah data, dan mengkomunikasikan (networking); 3) Evaluasi Pembelajaran Fiqih dalam membentuk karakter Peserta Didik Kelas VII di MtsN 6 Blitar dengan menyusun rencana evaluasi hasil belajar mengajar, menghimpun data, mengolah dan menganalisis data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan, dan tindak lanjut hasil evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183351 RR BUNGA WINA RAHMA
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:34
Last Modified: 26 Jul 2022 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28290

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item