PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP SELF CONFIDENCE DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

GALUH SEPTIYANI, 12204183268 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP SELF CONFIDENCE DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Self Confidence dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Pada Materi Bangun Datar Segiempat” ini ditulis oleh Galuh Septiyani, NIM. 12204183268, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: SAVI, Self Confidence, Hasil Belajar, Bangun Datar Segiempat Self confidence merupakan sifat yang yakin akan kemampuan dirinya dengan orang lain, sehingga bertindak sesuai kehendak sendiri, optimis, dan tanggung jawab. Sehingga self confidence menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki dan ditingkatkan. Dewasa ini, minimnya self confidence yang diberikan di dalam kelas dapat mempengaruhi hasil belajar. Hasil belajar merupakan skor yang didapatkan peserta didik setelah mempelajari sesuatu yang ditunjukkan dengan angka. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan self confidence dan hasil belajar adalah model pembelajaran SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap self confidence peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru pada materi bangun datar segiempat. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru pada materi bangun datar segiempat. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap self confidence dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru pada materi bangun datar segiempat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, serta menggunakan metode pengambilan data berupa angket, tes, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru. Dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney, uji t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap self confidence peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru pada materi bangun datar segiempat yang ditunjukkan nilai Sig. 0,001. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru pada materi bangun datar segiempat yang ditunjukkan dengan nilai Sig.0,048. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap self confidence dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru pada materi bangun datar segiempat yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 0,001.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183268 GALUH SEPTIYANI
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:31
Last Modified: 26 Jul 2022 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28293

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item