DODIK JUJUR PRASETYO, 12201183366 (2022) STRATEGI GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI DESA TAWING MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Desa Tawing Munjungan Trenggalek” ini ditulis oleh Dodik Jujur Prasetyo, NIM. 12201183366, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Strategi Guru, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Baca Tulis Al-Qur’an Problematika baca tulis Al-Qur’an merupakan sebuah tantangan bagi guru yang berada di lingkungan masyarakat khususnya di desa Tawing, tantangan terberat adalah kurangnya kemampuan warga seitar dalam mempelajari ilmu baca tulis Al-Qur’an. Sehingga para guru berusaha dalam mengentaskan masyarakat yang masih belum bisa membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam pembelajaran baca tulis Al- Quran di Desa Tawing Munjungan Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam pembelajaran baca tulis Al- Quran di Desa Tawing Munjungan Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran di Desa Tawing Munjungan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Ketua TPQ, Guru TPQ dan Santri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an santri di TPQ di Desa Tawing Munjungan Trenggalek ialah Tidak terdapat hambatan yang begitu berarti dalam proses perencanaan pembelajaran Al-Qur’an. karena adanya pendukung dari berbagai pihak mulai dari santri,guru dan warga sekitar. (2) Pelaksanaan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an santri di TPQ di Desa Tawing Munjungan Trenggalek, terdiri dari tiga program dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yaitu Program hafalan, yang diisi oleh santri yang sudah menguasai ilmu tajwid dengan baik dan benar, sudah pandai dalam membaca tidak tersendat-sendat. Program tartil, diisi oleh santri yang sudah menguasai ilmu tajwid akan tetapi dalam membacanya masih kurang lancar atau masih tersendat-sendat. Program tajwid, diisi santri yang baru masuk atau baru mau belajar baca tulis Al-Qur’an. (3) Evaluasi guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an santri di TPQ di Desa Tawing Munjungan Trenggalek ialah Pada TPQ ini dilaksanakan evaluasi dalam dua minggu sekali, para guru berdiskusi terkait dengan proses pembelajaran selama dua minggu berjalan. Dalam evaluasi ini juga membahas berkaitan dengan siapa-siapa santri yang melanjutkan ke program seterusnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183366 DODIK JUJUR PRASETYO |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 01:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 01:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28294 |
Actions (login required)
View Item |