TRI DEVI USHULUL HIKMAH, 12209183040 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO EXPLAINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (18MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Video Explainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Devi Ushulul Hikmah, NIM. 12209183040, Dosen Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M. Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Explainer, Hasil Belajar IPS Penelitian ini dilatar belakangi karena model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran belum efektif. Proses pembelajaran sebagian besar masih dilakukan dengan penyampaian informasi belum diarahkan pada proses kreatif atau membangun sendiri pengetahuannya, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Agar hasil belajar siswa meningkat, maka proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuannya, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis video explainer. Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran video explainer pada materi kedatangan Bangsabangsa Barat ke Indonesia? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis video explainer pada materi kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia terhadap hasil belajar IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung? (3) Bagaimana persepsi siswa dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis video explainer pada materi kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia terhadap aktivitas dan motivasi belajar pada pelajaran IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kevalidan media video explainer pada materi kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia, (2) Untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan model Problem Based Learning berbasis video explainer materi kedatangan bangsa Barat ke Indonesia terhadap hasil belajar IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung, (3) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aktivitas dan motivasi belajar dalam penggunaan model Problem Based Learning berbasis video explainer pada materi kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D untuk mengetahui kevalidan media, metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis video explainer terhadap hasil belajar siswa, dan metode deskriptif statistik untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPS terhadap media video explainer menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Dengan menggunakan model PBL berbasis video expaliner memiliki pengaruh peningkatan terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 atau (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Penggunaan model PBL berbasis video explainer dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran IPS.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183040 TRI DEVI USHULUL HIKMAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:00 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28302 |
Actions (login required)
View Item |