PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO EXPLAINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

TRI DEVI USHULUL HIKMAH, 12209183040 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO EXPLAINER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MTS AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Video Explainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Devi Ushulul Hikmah, NIM. 12209183040, Dosen Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M. Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Explainer, Hasil Belajar IPS Penelitian ini dilatar belakangi karena model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran belum efektif. Proses pembelajaran sebagian besar masih dilakukan dengan penyampaian informasi belum diarahkan pada proses kreatif atau membangun sendiri pengetahuannya, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Agar hasil belajar siswa meningkat, maka proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuannya, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis video explainer. Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran video explainer pada materi kedatangan Bangsabangsa Barat ke Indonesia? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis video explainer pada materi kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia terhadap hasil belajar IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung? (3) Bagaimana persepsi siswa dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis video explainer pada materi kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia terhadap aktivitas dan motivasi belajar pada pelajaran IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kevalidan media video explainer pada materi kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia, (2) Untuk mengetahui pengaruh dalam penggunaan model Problem Based Learning berbasis video explainer materi kedatangan bangsa Barat ke Indonesia terhadap hasil belajar IPS MTs Al Ma’arif Tulungagung, (3) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aktivitas dan motivasi belajar dalam penggunaan model Problem Based Learning berbasis video explainer pada materi kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D untuk mengetahui kevalidan media, metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis video explainer terhadap hasil belajar siswa, dan metode deskriptif statistik untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPS terhadap media video explainer menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Dengan menggunakan model PBL berbasis video expaliner memiliki pengaruh peningkatan terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 atau (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Penggunaan model PBL berbasis video explainer dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran IPS.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183040 TRI DEVI USHULUL HIKMAH
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:00
Last Modified: 26 Jul 2022 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28302

Actions (login required)

View Item View Item