PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI AL-HIDAYAH NGUNUT TULUNGAGUNG

OCTAVIA DILA INTAN PRATIWI, 12205183028 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDI AL-HIDAYAH NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di SDI Al Hidayah Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Octavia Dila Intan Pratiwi, NIM 12205183028, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A NIP. 197404082007011003. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Peserta Didik, Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yang cenderung rendah. Siswa cenderung pasif saat mengikuti kegiatan pembelajaran matematika karena menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit. Proses pembelajaran yang monoton membuat siswa menjadi bosan sehingga siswa kurang memperhatikan guru disaat guru sedang menyampaikan materi pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar peserta didk pada mata pelajaran matematika cenderung rendah. Maka dari itu perlu diterapkan sebuah model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi aktif dan bersemangat ketika pembelajaran sedang berlangsung. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipilih dengan harapan dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SDI Al -Hidayah Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada pada mata pelajaran matematika di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SDI Al-Hidayah Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain two group posttest-only group desaign. Dalam eksperimen semu terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang memiliki karakteristik sama. Bedanya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan khusus (variabel yang akan diuji akibatnya) sedang pada kelompok kontrol diberi perlakuan lain, atau perlakuan yang biasa dilakukan, yang akan dibandingkan hasilnya dengan perlakuan eksperimen. Pada

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183028 OCTAVIA DILA INTAN PRATIWI
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:31
Last Modified: 26 Jul 2022 01:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item