TYAS DAHLIATI, 12207183116 (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (819kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Tyas Dahliati NIM:12207183116, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Luluk Indarti, M.Pd.I., NIDN.2008057804 Kata Kunci : manajemen peserta didik, prestasi siswa Setiap siswa memiliki bakat yang berbeda dan mereka membutuhkan layanan dan pengajaran yang tepat untuk mencapai prestasinya. Tanpa pengelolaan yang baik siswa tidak dapat mencapai banyak prestasi sehingga diperlukan manajemen peserta didik yang baik untuk mengatur kegiatan yang berkaitan dengan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. Hal ini yang menjadi alasan peneliti untuk mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di MTsN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di MTsN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di MTsN 1 Trenggalek? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di MTsN 1 Trenggalek.(2) Mendeskripsikan implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di MTsN 1 Trenggalek. (3) Mendeskripsikan evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan prestasi siswa di MTsN 1 Trenggalek. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di MTsN 1 Trenggalek. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan,trianggulasi, dan kepastian. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan manajemen peserta didik dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Melalui rapat koordinasi bersama membahas penyusunan program pembinaan akademik, non akademik, disiplin siswa,dan perencanaan penerimaan peserta didik baru.(2) Dalam implementasi manajemen peserta didik diawali penerimaan peserta didik baru melalui 4 jalur. Selanjutnya implementasi pembinaan akademik melalui pembelajaran, pembinaan non akademik melalui ekstrakurikuler, pembinaan disiplin siswa melalui pendisiplinan sesuai tata tertib (3) Evaluasi pembinaan akademik dan non akademik dilakukan harian, pertengahan semester, akhir semester dan selesai mengikuti perlombaan. Proses evaluasi melalui tes tulis, lisan dan praktik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Prestasi Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183116 TYAS DAHLIATI |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28314 |
Actions (login required)
View Item |