PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK SPIRITUALITAS KEISLAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB PELITA BANGSA KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG

DEVA RAMADHANTI, 12201183202 (2022) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK SPIRITUALITAS KEISLAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB PELITA BANGSA KECAMATAN KESAMBEN KABUPATEN JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Spiritualitas Keislaman Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB Pelita Bangsa Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang” ini ditulis oleh Deva Ramadhanti, NIM. 12201183202, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Spiritualitas, Berkebutuhan Khusus Pembelajaran pendidikan agama Islam sangat penting diterapkan dan diajarkan kepada siswa baik untuk mereka yang normal ataupun bagi mereka yang memiliki keterbatasan. Untuk anak normal saja, dalam mengajarkan pendidikan agama Islam masih banyak mengalami hambatan ataupun beberapa masalah yang tentunya tidak selalu berjalan mulus seperti yang telah direncanakan dan diharapkan apalagi dengan siswa yang memiliki keterbatasan pastinya akan mengalami hal yang tidak jauh berbeda. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Guru PAI sebagai teladan dalam membentuk spiritualitas keislaman anak berkebutuhan khusus di SDLB Pelita Bangsa Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang? (2) Bagaimana peran Guru PAI sebagai motivator dalam membentuk spiritualitas keislaman anak berkebutuhan khusus di SDLB Pelita Bangsa Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang? (3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai fasilitator dalam membentuk spiritualitas keislaman anak berkebutuhan khusus di SDLB Pelita Bangsa Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Guru sebagai Teladan berperan menerapkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, membiasakan murid-murid untuk sholat dhuha terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran, mengajari para siswa tata cara wudhu dan membaca surah-surah pendek, dan memberi contoh kepada para siswa seperti berperilaku dan bertutur kata yang baik dan sopan, agar mereka menjadikan guru sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Guru sebagai Motivator dalam membentuk spiritualitas keislaman anak berkebutuhan khusus dengan memberikan motivasi melalui pengenalan peringatan hari besar islam, memberikan arahan kepada siswa agar selalu memiliki kepercayaan diri, dan memotivasi siswa melalui nilai-nilai spiritualitas islam, memberi motivasi kepada siswa agar tetap memiliki semangat hidup dan bisa menggapai cita-citanya. (3) Guru sebagai Fasilitator berperan menghubungkan antara anak berkebutuhan khusus dengan materi dan metode yang digunakan pada saat proses belajar berlangsung, memberikan kesempatan pada siswa untuk berpendapat dan bertanya, sabar dalam membentuk spiritualitas keislaman murid berkebutuhan khusus, memberikan fasilitas sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183202 DEVA RAMADHANTI
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:55
Last Modified: 26 Jul 2022 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28315

Actions (login required)

View Item View Item