PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS DAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-WAHID DESA MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK

ERYCO DISMAWAN, 12201183244 (2022) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS DAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-WAHID DESA MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan komponen yang penting bagi kehidupan manusia. Sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran, pendidikan wajib di tempuh untuk kebaikan kehidupan di dunia maupun di akhirat. Guru merupakan sosok teladan yang memberikan kita ajaran hidup. Sebagai pembimbing guru mengarahkan kita ke jalan yang benar sesuai syariat Islam dan juga gurulah yang menilai kemampuan kita baik yang dulu maupun sekarang sehingga peran guru sangat penting bagi kehidupan. Untuk mewujudkannya, TPQ Al-Wahid menggunakan metode yang beragam dalam meningkatkan kwalitas baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri sesuai kedaan para santri. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai teladan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al�Qur’an santri di TPQ Al-Wahid Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri di TPQ Al-Wahid Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek? (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al�Qur’an santri di TPQ Al-Wahid Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai teladan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri di TPQ Al-Wahid Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk mengetahui peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri di TPQ Al-Wahid Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. (3) Untuk mengetahui peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri di TPQ Al-Wahid Desa Mlinjon Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trigulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sebagai teladan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri yaitu dengan mengenali karakteristik santri saat mengajar, mengedepankan kejujuran, bersikap sabar dan lemah lembut, bersikap seperti orang tua santri, serta bersikap adil dan bijaksana. (2) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri yaitu dengan pembelajaran diawali membaca doa dan surat pilihan. Guru menggunakan metode Iqro’ ketika membaca Al-Qur’an, menggunakan metode Al-Imla’ tepatnya al-naqlu atau al imla’al manqul (menyalin) dalam menulis huruf Arab, dan menggunakan 3 metode dalam hafalan yaitu kitabah, jama’i, dan sama’i. Guru juga memberikan motivasi dan humor saat mengajar serta mengadakan tadarus rutin setiap Minggu Wage. (3) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an santri yaitu pertanyaan lisan materi sebelumnya sebelum melanjutkan materi. Evaluasi baca tulis dan hafalan Al-Qur’an dilakukan dalam bentuk tes lisan, tulisan, serta penugasan di rumah. Evaluasi juga dilakukan dengan membentuk grup WA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183244 ERYCO DISMAWAN
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:48
Last Modified: 27 Jul 2022 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28340

Actions (login required)

View Item View Item