ARON ANDRIANSHAH, 12201183307 (2022) PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN MORAL DI SDN 1 PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (428kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Pembinaan Moral di SDN 1 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Aron Andrianshah, NIM. 12201183307 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Prof. Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag. Kata kunci: Peran Guru PAI, Pembinaan Moral Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering dijumpai oleh peneliti pada lingkungan sekitar SDN 1 Plosokandang, yakni kurang baiknya moral siswa sekolah dasar dalam pergaulan kepada orang dewasa maupun teman sebayanya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya interaksi antara siswa dengan lingkungan sekitar sekolah seperti guru, teman sebaya, maupun masyarakat lainnya terutama selama pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar dalam membina moral siswa di SDN 1 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung; 2) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam membina moral siswa di SDN 1 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung; dan 3) untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru PAI sebagai teladan dalam membina moral siswa di SDN 1 Plosokandang Kedungwaru tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SDN 1 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam pembinaan moral siswa di SDN 1 Plosokandang yaitu guru sebagai pengajar yang memiliki tanggungjawab moral tidak hanya mencerdaskan intelektualnya, akan tetapi membentuk pribadi yang islami pada diri siswa. Selain itu, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar yaitu memberikan pembelajaran di kelas saat jam pelajaran berlangsung, seperti penyampaian materi pembelajaran sesuai dengan topik pembelajaran pada hari tersebut; 2) peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam pembinaan moral siswa di SDN 1 Plosokandang yaitu mendampingi sekaligus memberikan arahan kepada siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung maupun selama siswa berada di lingkungan sekolah; dan 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan dalam pembinaan moral siswa di SDN 1 Plosokandang yaitu guru Pendidikan Agama Islam memberikan contoh langsung kepada siswa mengenai hal-hal baik, baik itu berupa ucapan maupun perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183307 Aron Andrianshah |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 08:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28341 |
Actions (login required)
View Item |