PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS FLIPBOOK MAKER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2021/2022 SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

QINTANA ZAHROTUN NISA, 12204183171 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS FLIPBOOK MAKER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2021/2022 SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang judul “Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Flipbook Maker dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII Semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022 SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Qintana Zahrotun Nisa, NIM 12204183171, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, E-Modul, Flipbook Maker, Pendekatan Kontekstual Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar peserta didik sehingga kurangnya minat belajar peserta didik yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti memanfaatkan bahan ajar modul dengan media E-Modul berbasis Flipbook Maker ini, diharapkan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Meningkatkan minat belajar peserta didik dan membantu memudahkan guru dalam hal mencari referensi untuk sumber belajar peserta didik pada materi pembelajaran Matematika kelas VIII semester 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan, kelayakan, dan efektifitas E-Modul berbasis Flipbook Maker dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan, mengacu pada penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung dengan subjek penelitian kelas VIII-C. Data awal ini diperoleh melalui observasi, wawancara, angket respon peserta didik, dokumentasi, saran dari para ahli, serta hasil uji coba kelompok kecil (Pre-Test) dan kelompok besar (Post-Test). Kemudian data dianalisis secara kuntitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi bahan ajar. Hasil dari uji validasi oleh ahli media, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 83%. Hasil uji validasi oleh ahli materi menunjukkan rata-rata presentase sebesar 95,83%. Dan berdasarkan uji validasi oleh guru mata pelajaran Matematika menunjukkan rata-rata presentase sebesar 89,18%. Berdasarkan hasil uji coba keefektifan bahan ajar menggunakan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar lebih dari 75% yaitu 87,39. Setelah dilakukan perbandingan dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika kelas VIII semester 1.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 12204183171 Qintana Zahrotun Nisa
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:46
Last Modified: 09 Aug 2022 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28361

Actions (login required)

View Item View Item