PENGARUH PEMAHAMAN PLURALISME TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN BLITAR

TRIAS FATIH MUBAIDILLA, 12201183402 (2022) PENGARUH PEMAHAMAN PLURALISME TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KESAMBEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemahaman Pluralisme Terhadap Sikap Toleransi Beragama dan Bernegara Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar” ini ditulis oleh Trias Fatih Mubaidilla dengan pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Pemahaman Pluralisme, Sikap Toleransi Beragama, Sikap Toleransi Bernegara. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman mengenai pluralisme yang tepat di tengah masyarakat. Pluralisme sampai saat ini masih memiliki makna yang kabur, dimana salah satu pihak seperti MUI mengharamkan pluralisme dengan alasan paham tersebut menyamakan atau mencapuradukkan suatu ajaran dan dilain pihak menyatakan pluralisme bukanlah paham yang menyamakan sesuatu yang beragam melainkan membuka diri akan adanya keberagaman, sebab plural itu berkenaan mengenai banyak hal, pluralitas itu keadaan atau kondisi, sedangkan pluralisme itu adalah paham mengenai kemajemukan. Dengan adanya pemahaman dan pandangan yang tepat terhadap pluralisme atau pemahaman mengenai pluralitas maka memungkinkan seseorang untuk mampu bersikap positif terhadap keragaman yang ada untuk mewujudkan masyarakat modern yang penuh akan kesejahteraan dan kedamaian secara spiritual maupun moral ditengah pluralitas. Dalam pendidikan, penting sekali untuk memberikan beberapa pemahaman mengenai makna pluralisme kepada peserta didik. Sebab dengan adanya pemahaman yang tepat dalam diri peserta didik maka memungkinkan mereka terbiasa dengan keberagaman dan tidak akan menimbulkan anggapan bahwa keberagaman adalah ancaman, dimana tujuan akhirnya peserta didik akan lebih matang dalam menyikapi sebuah perbedaan. Rumusan masalah: (1) Bagaimana tingkat pemahaman pluralisme peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar?; (2) Bagaimana tingkat toleransi beragama dan bernegara peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar?; (3) Seberapa besar pengaruh tingkat pemahaman pluralisme terhadap sikap toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar?; (4) Seberapa besar pengaruh tingkat pemahaman pluralisme terhadap sikap toleransi bernegara peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar?; (5) Bagaimana pengaruh tingkat pemahaman pluralisme terhadap sikap toleransi beragama dan bernegara peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar?; Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dengan populasi peserta didik yang sudah berusia remaja atau minimal 17 tahun di SMA Negeri 1 Kesamben yang terdiri dari 350 siswa. Dengan teknik probability sampling tipe a simple random sampling, diperoleh sampel 70 siswa. Sumber data: Responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data: Angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan analisis regresi dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian: (1) Tingkat pemahaman pluralisme peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 34,36; (2) Tingkat toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar dalam kategori “Cukup Baik” dengan nilai rata-rata 18,66. Sedangkan tingkat toleransi bernegaranya masuk dalam kategori “Baik” dengan nilai rata-rata 18,07; (3) Ada pengaruh signifikan antara pemahaman pluralisme terhadap sikap toleransi bernegara peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar sebesar 27,9%; (4) Ada pengaruh signifikan antara pemahaman pluralisme terhadap sikap toleransi bernegara peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar sebesar 24,1%; (5) Ada pengaruh signifikan antara pemahaman pluralisme terhadap sikap toleransi beragama dan bernegara peserta didik di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12201183402 Trias Fatih Mubaidilla
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:39
Last Modified: 28 Jul 2022 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28394

Actions (login required)

View Item View Item