MANIFESTASI METODE SOSIALISASI PEMILIHAN KEPALA DAERAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA (Studi Kasus di KPU Kabupaten Nganjuk)

RINDYANI SINTYA WULANDARI, 12103183072 (2022) MANIFESTASI METODE SOSIALISASI PEMILIHAN KEPALA DAERAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA (Studi Kasus di KPU Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul Manifestasi Metode Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pilkada (Studi Kasus di KPU Kabupaten Nganjuk) disusun oleh Rindyani Sintya Wulandari, NIM. 12103183072, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, yang dibimbing oleh Ahmad Gelora Mahardika, S.IP., M.H. Kata Kunci : Manifestasi, Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pilkada Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dari rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah, khususnya masyarakat di daerah Kabupaten Nganjuk. Lemahnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah khususnya di desa-desa sekitar kabupaten Nganjuk menunjukkan prosentase yang lumayan banyak dari total daftar pemilih tetap. Rumusan Masalah yang berkaitan tentang Manifestasi Metode Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat pada Pilkada ini adalah 1) Bagaimana manifestasi metode sosialisasi pilkada yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan partisipasi masyarakat daerah pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Nganjuk? 2) Apakah manifestasi metode sosialisasi yang paling tepat yang harus dilakukan oleh KPU Kabupaten Nganjuk guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada? 3) Bagaimana tinjauan fiqih siyasah terkait manifestasi metode sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Nganjuk?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Manifestasi metode sosialisasi yang di gunakan oleh KPU Kabupaten Nganjuk dalam meningkatkan partisipasi masyarakat mengenai pentingnya pilkada di Kabupaten Nganjuk adalah sosialisasi pada bidang pendidikan, sosialisasi menggunakan media cetak, sosialisasi menggunakan media elektronik, sosialisasi menggunakan media sosial, dan sosialisasi dengan melibatkan agen relawan demokrasi. Dalam proses manifestasi metode sosialisasi, ternyata didapatkan fakta bahwa, terdapat beberapa metode sosialisasi yang dinilai mampu meningkatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Nganjuk. 2) Manifestasi metode sosialisasi yang paling tepat yang harus dilakukan oleh KPU Kabupaten Nganjuk guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada adalah menggunakan metode sosialisasi menggunakan media elektronik dan juga media sosial. 3) Tinjauan fiqih siyasah terkait manifestasi metode sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Nganjuk, merupakan salah satu bentuk dari siyasah Dusturiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183072 RINDYANI SINTYA WULANDARI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:37
Last Modified: 11 Aug 2022 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item