ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII MTS ASSYAFI’IYAH

MUHAMMAD MUZAKKI RIDWAN, 12204183060 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII MTS ASSYAFI’IYAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII MTs Assyafi’iyah” ini ditulis oleh Muhammad Muzakki Ridwan, NIM 12204183060, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembiming : Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Salah satu yang mempengaruhi kemampuan berpikir siswa adalah adanya perbedaan kepribadian dam kecerdasan yang dimiliki oleh siswa. Salah satu kecerdasan yang mungkin dimiliki oleh siswa yaitu kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal. Kecerdasan Intrapersonal berpotensi dimiliki oleh siswa yang memiliki kepribadian introvert, sedangkan kecerdasan interpersonal berpotensi dimiliki oleh siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert. Berdasarkan hal tersebut maka kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dapat berpengaruh pada kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa dalam menyelesaikan masalah matematika sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa dalam menyelesaikan masalah matematika sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang. Pengambilan subjek ini menggunakan angket dimana terdapat 2 subjek siswa dengan kecerdasan intrapersonal dan 2 subjek kecerdasan interpersonal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kecerdasan intrapersonal dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel mampu memenuhi 3 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan, sehingga salah satu subjek memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) dan subjek yang lain memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas subjek tersebut memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif). (2) Siswa dengan kecerdasan interpersonal dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel mampu memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas sehingga salah satu subjek memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif) dan subjek yang lain dengan kecerdasan interpersonal memenuhi 1 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan sehinga subjek tersebut memiliki kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (kurang kreatif).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183060 MUHAMMAD MUZAKKI RIDWAN
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:34
Last Modified: 27 Jul 2022 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28411

Actions (login required)

View Item View Item