PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS 10 MA MA’ARIF KAWEDUSAN PONGGOK

LUCKY NGAINUR ROHMAH, 12201183436 (2022) PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS 10 MA MA’ARIF KAWEDUSAN PONGGOK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran SKI Kelas 10 Ma Ma‟arif Kawedusan Ponggok” ini ditulis oleh Lucky Ngainur Rohmah, NIM. 12201183436, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata Kunci : Ice Breaking, Motivasi Belajar Ice Breaking merupakan kegiatan atau permainan yang berfungsi mencairkan suasana dan menumbuhkan semangat peserta didik. Sehingga teknik Ice Breaking sangat sesuai untuk diaplikasikan guna menumbuhkan motivasi belajar siswa di dalam kelas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh teknik Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh teknik ice breaking terhadap motivasi intrinsik belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok, 2) Adakah pengaruh teknik ice breaking terhadap motivasi ekstrinsik belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok, 3) Adakah pengaruh teknik ice breaking terhadap motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasinya adalah seluruh peserta didik di MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (2) uji hipotesis (uji t-test dan uji manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan perhitungan uji-t untuk motivasi belajar intrinsik diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik ice breaking terhadap motivasi intrinsik belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok. 2) Berdasarkan perhitungan uji-t untuk motivasi ekstrinsik diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik ice breaking terhadap motivasi ekstrinsik belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok. 3) Berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik diperoleh Sig.(2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik ice breaking terhadap motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas 10 MA Ma‟arif Kawedusan Ponggok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183436 LUCKY NGAINUR ROHMAH
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:53
Last Modified: 21 Sep 2022 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28416

Actions (login required)

View Item View Item