PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG

LIA HIKMATUL MAULA, 12205183251 (2022) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI HIDAYATUTH THOLIBIN KARANGTALUN KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun Kecamatan Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Hikmatul Maula, NIM 12205183251. Pembimbing: Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata Kunci : Minat Membaca, Hasil Belajar. Penelitian ini melatar belakangi bahwa pendidikan adalah satu lembaga yang wajib dilaksanakan oleh peseerta didik. Pendidikan di Indonesia yang masih rendah bisa dilihat dari salah satu faktornya yaitu hasil belajar yang rendah hal tersebut dikarenakan salah faktor yaitu kurangnya minat membaca. Minat membaca yang rendah menjadikan hasil belajar kurang maksimal sehingga pendidikan di negara ini masih tergolong belum berkembang. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) adakah Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Hidayatuth Tholibin ? (2) Seberapa Besar tingkat Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Hidayatuth Tholibin ? adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Hidayatuth Tholibin (2) Untuk mengetahui besar Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Hidayatuth Tholibin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I-III di MI Hidayatuth Tholibin yang berjumlah 64 siswa. Dengan pengambilan sampel 30 sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, uji hipotesisnya menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1 ) Minat Membaca berpengaruh terhadap hasil belajar, berdasarkan pengujian hipotesis, nilai sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05 artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan Minat Membaca terhadap Hasil Belajar (2) Besar Pengaruh Minat Membaca terhadap Hasil Belajar adalah 32,5 % sedangkan sisanya 67,5 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183251 Lia Hikmatul Maula
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:46
Last Modified: 28 Jul 2022 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28421

Actions (login required)

View Item View Item