IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MA AL-MUSLIHUN KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2021/2022

BUDI LAKSONO, 12210183062 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI MA AL-MUSLIHUN KALIDAWIR TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh krisis kesehatan pada awal tahun 2020 hingga saat ini sangat berdampak pada, sektor pendidikan. Pemberlakuan pembatasan sosial mengharuskan pembelajaran yang semula berjalan secara tatap muka berganti menjadi pembelajaran jarak jauh. Seiring kasus pandemi Covid-19 yang mulai menurun serta level darurat Covid-19 atau PPKM mulai menurun di setiap daerahnya Presiden Jokowi mendorong untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai diterapkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di MA Al-Muslihun Kalidawir, bahwa sekolah tersebut sudah memberlakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka terbatas. Seluruh mata pelajaran yang di ajarkan di jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar hingga menengah dikurangi sesuai dengan peraturan yang ada, tidak terkecuali mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI. Sehingga perlu adanya peran guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia agar waktu yang terbatas dalam pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat berjalan optimal. Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implementasi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Al-Muslihun Kalidawir tahun ajaran 2021/2022? 2. Bagaimana hambatan dalam implementasi pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Al-Muslihun Kalidawir tahun ajaran 2021/2022? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tatap muk terbatas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Al�Muslihun Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka taerbatas mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MA Al-Muslihun Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. xiii Rancangan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan, kehadiran peneliti (studi kasus), dengan lokasi penelitian di MA Al-Muslihun Kalidawir.Data penelitian ini antaralain data primer dan data skunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, sementara sumber data pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian data tersebut dicek kebasahannya dengan cara triangulasi, memperpanjang waktu keterlibatan peneliti, ketekunan, dan pembahasan sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1. Implementasi pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaranan Bahasa Indonesia kelas XI di MA Al-Muslihun Kalidawir terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi. Perencanaan pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaran Bahasa Indonesia diawali dengan penyiapan RPP, bahan ajar, media pembelajaran. Pada pelaksanaanya sendiri ada tiga tahapan berupa pembukaan, inti, dan penutup. Pembukaaan diawali dengan guru mengkondisikan siswa untuk menaati protokol kesehatan, sementara pada kegiatan inti berupa penjelasan materi, penugasan kelompok, serta timbal balik. Sementara pada tahap penutupan siswa di ajak bersama-sama untuk menyimpulkan isi pokok-pokok materi, pemberian apresisasi, dan pemberian materi pada pertemuan selanjutnya. Sedangkan pada tahap evaluasi melalui tes serta nontes. 2. Dalam pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dan penghambat sendiri terdiri dari ketersediaan sarana prasarana dan sumber daya manusia. Dalam mengatasi hambatan yang ada ada beberapa solusi alternatif seperti mengoptimalkan waktu dengan baik, pendampingan khusus terhadap minat belajar siswa, pembagian jadwal penggunaan fasilitas pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: mahasiswa 12210183062 Budi Laksono
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:27
Last Modified: 28 Jul 2022 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28425

Actions (login required)

View Item View Item