FEBRIANA DAMAYANTI, 12205183246 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI DARUL MUTA’ALLIMIN SUGIHWARAS NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MI Darul Muta‟allimin Sugihwaras Nganjuk” ini ditulis oleh Febriana Damayanti, NIM. 12205183246, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2022, Dosen Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. NIP. 19611010199203. Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Religius Karakter merupakan hal sangat penting dan mendasar, seseorang yang memiliki karakter kuat dan baik secara individual maupun sosial telah menunjukkan bahwa mereka memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak muda untuk melaksanakan pendidikan karakter. Karakter religius perlu untuk dibentuk pada setiap siswa agar mereka memiliki pemikiran, perkataan, dan tindakan yang selalu didasarkan pada nilai-nilai ketuhanan. Penelitian ini difokuskan pada strategi guru dalam membentuk karakter religius siswa dengan perumusan masalah sebagai beikut : (1) Bagaimana bentuk karakter religius yang ditanamkan kepada siswa di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk? (2) Bagaimana strategi guru yang digunakan dalam membentuk karakter religius siswa di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk? (3) Bagaimana faktor yang mempengaruhi religiusitas siswa di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan tiga komponen, orang, tempat, dan kertas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan, keajegan pengamatan, dan trigulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Bentuk karakter religius yang ditanamkan kepada siswa di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk sebagai berikut: a) berdoa, membaca ayat suci Al- Qur’an dan Asmaul Husna. b) Melaksanakan ibadah sholat Dhuha. c) Melaksanakan ibadah sholat Dhuhur berjamaah. d) Melaksanakan ibadah sholat Jum’at. e) Mengeluarkan zakat. f)Melaksanakan sholah Idul Adha. g). Berkurban h). Memiliki rasa tawadhu’ dan sopan santun kepada guru. i) Bersikap baik dan tolong menolong sesama teman. (2). Strategi guru yang digunakan dalam membentuk karakter religius siswa di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk adalah dengan pengetahuan, pembiasaan, dan keteladanan. (3). Faktor yang mempengaruhi religiusitas siswa di MI Darul Muta’allimin Sugihwaras Nganjuk ada dua yaitu faktor intern yang berupa sifat kepribadian, dan faktor ekstern yang berupa lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183246 FEBRIANA DAMAYANTI |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:18 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28432 |
Actions (login required)
View Item |