PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 2 TRENGGALEK

NABILA SEKAR MAHARANI, 12205183007 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MIN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Kemampuan Menghafal dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MIN 2 Trenggalek” ditulis oleh Nabila Sekar Maharani, NIM.12205183007, pembimbing Prof Dr. H. Akhyak, M.Ag., Kata Kunci : Kemampuan Menghafal, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya teori tentang kemampuan menghafal yang diungkapkan oleh Bloom segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk ranah kognitif. Ranah kognitif memiliki enam jenjang proses berpikir. Keenam jenjang dimaksud adalah pengetahuan/ ingatan/ hafalan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), penilaian (evaluation). Sementara itu, menurut Gie menyatakan bahwa minat belajar itu Minat belajar yang tinggi akan sangat berpengaruh terhadap cara belajar siswa, misal seorang siswa yang ingin mendapatkan hasil belajar yang baik ia akan belajar dengan sungguh-sungguh dengan memusatkan perhatiannya pada pelajaran tersebut. Dengan demikian minat belajar yang tinggi akan berpengaruh dalam proses keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Minat belajar yang tinggi diharapkan siswa dapat memperoleh hasil belajar yang tinggi pula. Karena dengan minat siswa dapat lebih perhatian tehadap pelajaran, lebih berkonsentrasi, pelajaran lebih mudah melekat dan tidak cepat bosan saat belajar. Kemudian, hasil belajar, sebagaimana teori yang diungkapkan oleh Benyamin Bloom, terdiri dari hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kemampuan menghafal dan minat belajar. Dalam hal ini, peneliti bermaksud menguji teori tersebut pada MIN 2 Trenggalek dengan pertimbangan bahwa siswa di MIN 2 Trenggalek ini memiliki tingkat kemampuan menghafal dan minat belajar yang menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh secara signifikan kemampuan menghafal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 2 Trenggalek?. (2) Apakah ada pengaruh secara signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 2 Trenggalek?. (3) Apakah ada pengaruh secara signifikan kemampuan menghafal dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MIN 2 Trenggalek? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN 2 Trenggalek yang berjumlah 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN 2 Trenggalek sebanyak 43 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) uji regresi sederhana diperoleh nilai r hitung > r tabel yaitu 0,383 > 0,294 dan sig. 0,011. Karena nilai > atau 0,383 > 0,294 dan sig. 0,011 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan menghafal terhadap hasil belajar siswa di MIN 2 Trenggalek. (2) uji regresi sederhana diperoleh nilai r hitung > r tabel yaitu 0,326 > 0,294 dan sig. 0,033. Karena nilai > atau 0,326 > 0,294 dan sig. 0,033 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa di MIN 2 Trenggalek. (3) uji regresi sederhana diperoleh nilai r hitung > r tabel yaitu 0,390 > 0,294 dan sig. 0,037. Karena nilai > atau 0,390 > 0,294 dan sig. 0,037 < 0,05 sehingga H₀ ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan menghafal dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa di MIN 2 Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: PENGARUH K 12205183007 Nabila Sekar Maharani
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:13
Last Modified: 29 Jul 2022 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28435

Actions (login required)

View Item View Item