EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X MAN 2 LAMONGAN

SABRINA FIRDHATUL JANNAH, 12210183019 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X MAN 2 LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi pada Siswa Kelas X MAN 2 Lamongan” ini ditulis oleh Sabrina Firdhatul Jannah, NIM. 12210183019, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: Efektivitas, Media Video, Apresiasi Puisi Pembelajaran puisi sangat penting bagi siswa karena dapat membentuk sikap manusia yang memiliki pengetahuan luas, memiliki moral, dan kepribadian. Pembelajaran sastra, khususnya puisi sampai saat ini masih menghadapi masalah, yaitu hasil belajar siswa yang masih dibawah kategori baik. Permasalahan tersebut disebabkan pada saat membahas puisi, peserta didik lebih banyak diberikan materi mengenai pengertian puisi dan jenis-jenis puisi dibanding memberikan secara langsung siswa untuk bersastra jadi siswa sulit untuk mempunyai pengalaman bersastra, contoh dalam bersastra bisa dengan mengapresiasi unsur pembacaan puisi secara langsung. Permasalahan di atas dapat mendorong guru bahasa Indonesia untuk mencari media yang tepat agar pembelajaran lebih menjadi efektif. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran apresiasi puisi yang tepat untuk membangkitkan minat dan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran. Salah satunya yaitu media video. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana efektivitas penggunaan media video dalam pembelajaran apresiasi puisi pada siswa kelas X MAN 2 Lamongan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Lamongan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 69 siswa yaitu 35 siswa dari kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa dari kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media video, sedangkan kelas kontrol pembelajaran dilakukan tanpa menggunakan media video. Data yang didapatkan dari kelas kontrol maupun eksperimen dilakukan analisis prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas . Karena data penelitian ini tidak lolos dalam uji prasyarat selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan statistik non parametrik yaitu uji mann whitney dan uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media video efektif digunakan dalam pembelajaran apresiasi puisi siswa kelas X MAN 2 Lamongan , berdasarkan uji wilcoxon didapatkan nilai sig 0,00 kurang dari 0,05 Dari pemaparan diatas dapat diketahui bahwa penerapan media video pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Dikatakan efektif karena media video mempunyai keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan media lembar kerja siswa (LKS).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183019 SABRINA FIRDHATUL JANNAH
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:46
Last Modified: 28 Jul 2022 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28436

Actions (login required)

View Item View Item