RINDIANI SEKAR KINASIH, 12201183401 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (904kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini di tulis oleh Rindiani Sekar Kinasih, NIM. 12201183401. program studi pendidikan agama islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU), yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’I, M.Ag Kata Kunci : Guru PAI, Pendidikan Karakter Dunia pendidikan saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan diantaranya manusia yang menjadi meremehkan nilai-nilai budi pekerti dan juga agama karena dianggap tidak memberikan kontribusi secara material dan keduniaan. Dalam rangka mengantisipasi berbagai persoalan itulah, maka pembelajaran pendidikan agama di sekolah harus menunjukkan kontribusinya. Hanya saja perlu disadari bahwa selama ini terdapat berbagai kritik terhadap pelaksanaan pendidikan agama yang sedang berlangsung di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana Faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung ? (3) Bagaimana implementasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data : dari 2 Guru Pendidikan Agama Islam, waka kurikulum, dan siswa SMKN 1 Boyolangu Hasil penelitian : (1) Guru Pendidikan Agama Islam melakukan pembiasaan kepada para peserta didik, Guru Pendidikan Agama Islam memberikan contoh tauladan kepada siswa dalam melaksanakan pembiasaan shalat berjama’ah, Guru melakukan pengawasaan kepada siswa, untuk mengurangi tingkat siswa yang akan membolos, Guru memberikan sanksi dan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti legiatan wajib, agar siswa menjadi tertib dan belajar untuk bersikap tanggung jawab (2) Faktor lingkungan keluarga yang kurangnya tingkat kepedulian orang tua terhadap anaknya, Keadaan siswa yang bervariasi. Sehingga dapat memengaruhi tingkah laku dari teman sebayanya, Lingkungan sosial yang kurang memadai (3) Memberikan penjelasan tentang baik buruknya tindakan yang akan diambil siswa, Membekali siswa tidak hanya pengetahuan tetapi juga pendidikan moral, Pengawasan langsung dan absensi disetiap kegiatan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahasiswa 12201183401 Rindiani Sekar Kinasih |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:53 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28487 |
Actions (login required)
View Item |