MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI(Studi Kasus Di MTs Al-Huda Bandung)

ANNIK DWI ERNAWATI, 12207183088 (2022) MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI(Studi Kasus Di MTs Al-Huda Bandung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di MTs Al-Huda Bandung” ini ditulis oleh Annik Dwi Ernawati, NIM. 12207183088, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata kunci: Manajemen Kearsipan, Mutu Layanan Administrasi Kearsipan merupakan penunjang bagi kegiatan operasional bagi suatu lembaga atau organisasi. Melalui kearsipan informasi yang otentik dapat diperoleh dengan cepat dan tepat. Pengelolaan kearsipan sangat penting dilakukan karena arsip dalam sebuah institusi itu sangat penting. Arsip merupakan salah satu asset yang berharga bagi sebuah institusi. Oleh karena itu, arsip harus ditata sesuai dengan prosedur kearsipan yang benar untuk menjaga keutuhan informasi maupun fisiknya, sehingga dapat terwujd manajemen organisasi yang efektif, efisien, dan profesional demi kemajuan lembaga atau organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kearsipan di MTs Al-Huda Bandung dengan fokus penelitian; 1) Bagaimana perencanaan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung ?; 2) Bagaimana pengorganisasian kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung?; 3) Bagaimana pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung?; 4) Bagaimana proses pengawasan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung?; 5) Bagaimana evaluasi dan perbaikan pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mandalam dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepalah sekolah, kepala tata usaha, dan dua siswa MTs Al-Huda Bandung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Perencanaan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung dilakukan dengan dua macam yaitu a) perencanaan sekolah meliputi analisis data, masukan dari warga sekolah, penyesuaian anggaran dana, dan b) perencanaan pos atau bagian meliputi penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, penyimpanan. 2) Pengorganisasian kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung dibagi menjadi lima pos atau bagian yaitu tata usaha, kesiswaan, kurikulum, keuangan, dan sarpras. 3) Pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al- Huda Bandung terdiri dari proses surat masuk dan surat keluar, sistem kearsipan, prosedur peminjaman arsip, penyimpanan arsip, dan perawatan arsip. 4) Proses pengawasan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung dilakukan oleh kepala madrasah dan kepala pos atau bagian. 5) Evaluasi dan perbaikan pelaksanaan kearsipan dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs Al-Huda Bandung, kegiatan evaluasi dilakukan dengan evaluasi mandiri setiap bagian dan evaluasi dengan kepala madrasah, sedangkan kegiatan perbaikan meliputi pelatihan, seminar, menambah wawasan dari lembaga lain, dan motivasi dari kepala madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa 12207183088 Annik Dwi Ernawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:59
Last Modified: 29 Jul 2022 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28492

Actions (login required)

View Item View Item