STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK

AFIFAH MARATUS SHOLIKHAH, 12201173291 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMA Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Afifah Maratus Sholikhah, NIM. 12201173291, pembimbing Ahmad Fikri Amrullah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlakul Karimah Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang lebih modern misalnya berkembangnya teknologi yang dapat memunculkan berbagai informasi dan komunikasi yang dapat mempengaruhi akhlak pada peserta didik maupun cangkupan dalam pertemanan peserta didik. Sehingga pastinya setiap lembaga pendidikan maupun guru Pendidikan Agama Islam akan memberikan berbagai cara maupun strategi agar tetap terarahnya akhlak peserta didik untuk menjadi lebih baik. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Apa saja unsur strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 2 Trenggalek? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 2 Trenggalek? (3) Bagaimana evaluasi yang digunakan dalam strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 2 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan memilih lokasi di SMA Negeri 2 Trenggalek. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi partisipasi, teknik wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Adapun teknik keabsahan datanya dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi, pembahasan dengan sejawat. Kemudian dalam tahap penelitian, peneliti menggunakan tahap persiapan, pelaksanaan, penyelesaian dan tahap laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Unsur strategi guru PAI dalam membina akhlak peserta didik di SMA Negeri 2 Trenggalek yaitu menggunakan beberapa pendekatan terhadap peserta didik. SMA Negeri 2 Trenggalek juga memberikan beberapa fasilitas, kebijakan maupun kegiatan yang dipersiapkan untuk menunjang pembinaan akhlak pada peserta didik, diantaranya: Penerapan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), berdo`a sebelum dan sesudah KBM, membaca Al-Qur`an sekitar 15 menit sebelum KBM, sholat berjama`ah (2) Pelaksanaan strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 2 Trenggalek yaitu pembinaan dilakukan secara langsung salah satu contohnya shalat berjama`ah antara pendidik dan peserta didik, sedangkan secara tidak langsung salah satu contohnya memberikan video motivasi atau bimbingan secara online, guru PAI menggunakan beberapa metode yaitu metode pembiasaan, keteladanan, nasehat, cerita dan perumpamaan serta ganjaran juga ada beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya: kesadaran dan kedisiplinan peserta didik, latar belakang peserta didik, lingkungan sekitar peserta didik, media elektronik, sosial media, dan kurangnya tatap muka karena pandemi covid-19 (3) Evaluasi yang digunakan oleh strategi guru PAI dalam membina akhlakul karimah peserta didik di SMA Negeri 2 Trenggalek yaitu guru PAI memiliki beberapa poin penilaian sikap dalam mengevaluasi, menggunakan beberapa prinsip diantaranya prinsip kontinu, komprehensif, adil dan kooperatif serta hasil evaluasinya dapat diketahui melalui raport. Dan dampak positif yang dimunculkan peserta didik diantaranya mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatnya kesadaran, sopan santun dan kedisiplinan peserta didik serta mengaplikasikan akhlakul karimah di lingkungan sekitarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AFIFAH MARATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:44
Last Modified: 01 Aug 2022 01:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28503

Actions (login required)

View Item View Item