PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTsN 4 BLITAR

LINA NURIYA A'ZIZAH, 12210183049 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTsN 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII MTsN 4 Blitar,” oleh Lina Nuriya A’zizah, NIM 12210183049, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Erna Iftanti S.S., M.Pd. Kata Kunci: Media Gambar, Keterampilan Menulis, Teks Eksplanasi Hal-hal yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini yaitu siswa kesulitan untuk menuangkan ide dalam kegiatan belajar atau ke dalam bentuk tulisan khususnya dalam teks eksplanasi, guru belum menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, kemampuan siswa dalam kegiatan menulis khususnya menulis teks eksplanasi masih kurang maksimal sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment control group pretest posttest. Desain ini dipilih karena peneliti tidak memiliki kesempatan untuk melakukan pengacakan terhadap populasi. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Blitar dengan sampel penelitian siswa kelas VIII D dan kelas VIII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (media gambar) terhadap variabel Y (kemampuan menulis teks eksplanasi). Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kemampuan menulis teks eksplanasi pada posttest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 77,44 termasuk dalam kategori rendah. Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi pada posttest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,18 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,175 menunjukkan bahwa ada pengaruh media gambar tehadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas 8 MTsN 4 Blitar. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi dua arah sebesar 0,175 yang lebih besar dari 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji independent sample t-test, data posttest kelas kontrol dan data posttest kelas eksperimen Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: LINA NURIYA A’ZIZAH
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:36
Last Modified: 01 Aug 2022 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28512

Actions (login required)

View Item View Item