STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus CV.Wecono Asri Kelurahan Dandangan I Kota Kediri)

DIVIOLITA OLLA ZUARINDA, 12405183113 (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK BATIK DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus CV.Wecono Asri Kelurahan Dandangan I Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Strategi Pemasaran Produk Batik Dalam Meningkatkan Omset Penjualan ( Studi Kasus CV.Wecono Asri Kelurahan Dandangan I Kota Kediri)” ini disusun oleh Diviolita Olla Zuarinda NIM 12405183113. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Perekonomian saat ini semakin maju dalam hal memasarkan produknya. Perusahaan saat ini harus mengetahui bagaimana cara atau strategi yang akan digunakan untuk memasarkan produknya ke konsumen agar konsumen tertarik membeli produk mereka. Seperti halnya banyaknya masyarakat di Kota Kediri yang menjadi pengrajin batik atau membuka usaha produksi batik. Peneliti melakukan penelitian untuk memahami strategi apa yang dijalankan oleh CV.Wecono Asri Kota Kediri untuk meningkatkan omzet penjualan produk batiknya agar mampu bersaing dengan pesaing. Penelitian ini dilaksanakan di tempat produksi CV.Wecono Asri yang beralamat di Kelurahan Dandangan I no 154 Kota Kediri. Fokus penelitian yaitu: 1) Siapa saja sasaran pasar di CV.Wecono Asri dalam meningkatkan omset penjualan ? 2) Bagaimana strategi pemasaran di CV. Wecono Asri dalam meningkatkan omset penjualan yang didapat Perusahaan ? 3) Apa saja faktor-faktor pemasaran dalam CV.Wecono Asri ? Penelitian dilaksanakan di usaha produksi di CV.Wecono Asri Jln Dandangan I no 154, Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan yaitu fenomenologi dan naturalitistik untuk memperoleh penjelasan tentang realitas yang tampak. Data-data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data ini didapatkan peneliti melalui wawancara dengan pemilik dan karyawan CV.Wecono Asri dan konsumen CV.Wecono Asri. Observasi dan dokumentasi dilakukan dengan menganalisis informasi tentang strategi pemasaran yang diterapkan CV.Wecono Asri. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan 3 metode yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yang dilakukan dengan uji kredibilitas,uji transferbilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan dalam meningkatkan omset penjualan produk batiknya : 1) sasaran dalam menentukan sasaran pasar untuk produknya yaitu untuk semua kalangan yaitu dari kalangan atas,bawah dan menengah. 2) CV.Wecono Asri menentukan strategi pemasaran yang digunakan dengan menggunakan strategi pemasaran 7P yang meliputi Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, Process. 3) dalam menjalankan usaha batiknya CV.Wecono Asri memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung salah satunya yaitu melalui media social seperti IG. Faktor Penghambat yang ada di CV.Wecono Asri salah satunya yaitu kurangnya tenaga kerja untuk memproduksi batik serta awal pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak usaha yang mengalami penurunan omset dan permintaan produk dari konsumen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Omset Penjualan, Produk Batik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183113 DIVIOLITA OLLA ZUARINDA
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:32
Last Modified: 01 Aug 2022 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28555

Actions (login required)

View Item View Item