EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SPtLKDV SISWA KELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

MOCH FAIZ TAJUSYARAF, 12204183069 (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SPtLKDV SISWA KELAS X MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Dengan Bantuan Media Geogebra Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Materi SPtLKDV Siswa Kelas X MIA Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar”, ini ditulis oleh Moch Faiz Tajusyaraf, NIM 12204183069, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Geogebra, Minat Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pertidaksamaan Linear Dan Kuadrat Dua Variabel. Minat dan hasil belajar merupakan hal yang diperlukan siswa dalam proses pembelajaran. Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik minat siswa dalam belajar maka akan semakin baik pula hasil belajar yang didapat siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar adalah model discovery learning berbantu geogebra. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media geogebra efektif terhadap minat belajar pada materi SPtLKDV. (2) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media geogebra efektif terhadap hasil belajar pada materi SPtLKDV. (3) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media geogebra efektif terhadap minat dan hasil belajar pada materi SPtLKDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimental dengan design nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelass X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan minat belajar yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana untuk kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik, sehingga model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media geogebra efektif terhadap minat belajar siswa pada materi SPtLKDV siswa kelas X MIA MAN 2 Blitar. (2) Ada perbedaan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana untuk kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik, sehingga model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media geogebra efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi SPtLKDV siswa kelas X MIA MAN 2 Blitar. (3) Ada perbedaan minat dan hasil belajar yang cukup signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana untuk kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik, sehingga model pembelajaran guided discovery learning dengan bantuan media geogebra efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi SPtLKDV siswa kelas X MIA MAN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183069 MOCH FAIZ TAJUSYARAF
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:39
Last Modified: 01 Aug 2022 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28561

Actions (login required)

View Item View Item