PERMAINAN PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

USKURI NI’MATAL MUKARROMAH, 12206183081 (2022) PERMAINAN PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA RADEN FATAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Permainan Playdough dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Uskuri Ni’matal Mukarromah, NIM 12206183081 jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Luluk ‘Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci: Playdough, Kognitif, Anak Usia 4-5 Tahun Penelitian ini didasarkan pada gambaran di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung sebagian anak masih kurang dalam hal kemampuan kognitif. Anak kelompok A1 masih belum mampu mengenal dan memahami dengan baik berbagai macam konsep warna, bentuk, dan ukuran. Hal ini terjadi dikarenkan pendidik di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol hanya menggunakan metode penugasan yang monoton bagi anak seperti mengerjakan LKA sehingga anak merasa bosan ketika pembelajaran mengenal warna, bentuk, dan ukuran. Penggunaan kembali permainan playdouh dalam pembelajaran mengenalkan warna, bentuk, dan ukuran menjadi cara yang dilakukan oleh pendidik kelompok A1 supaya anak dapat dengan mudah belajar tanpa dipaksa, tertarik dengan materi yang diajarkan, dan tercapainya pertumbuhan dan perkembangan anak dalam hal kemampuan kognitif dapat menuju tahap optimal. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui permainan playdough di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana langkah- langkah pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk melalui permainan playdough di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal ukuran melalui permainan playdough di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, jenis yang digunakan yaitu studi kasus, teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analilis data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarik kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan 1) keterpercayaan, 2) keteraalihan, 3) kebergantungan, 4) kepastian. Hasil penelitianya adalah 1) Langkah-langkah pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui permainan playdough di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung dilakukan dengan: a) penggunaan materi yang disesuaikan dengan cara berpikir anak, b) penggunaan sumber belajar yang dekat dengan anak, dan c) penggunaan aktivitas yang beragam. 2) Langkah-langkah pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk melalui permainan playdough di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan: a) tahap pengenalan bentuk, b) tahap pengurutan bentuk, c) tahap penyimpulan bentuk, dan d) tahap persamaan bentuk dengan benda sekitar. 3) Langkah-langkah pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan mengenal ukuran melalui permainan playdough di RA Raden Fatah Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan: a) tahap eksplorasi ukuran b) tahap pengenalan ukuran, dan c) tahap penerapan konsep ukuran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183081 Uskuri Ni’matal
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:43
Last Modified: 01 Aug 2022 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28562

Actions (login required)

View Item View Item