NU’THIMA NAFISAH, 17205163087 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN 3D TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dan 3D Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Nu’thima Nafisah, NIM 17205163087, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Audiovisual, Diorama Tiga Dimensi, Hasil belajar Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran, seperti penggunaan media audiovisual dan diorama tiga dimensi. Media audiovisual adalah media yang bisa didengar dan dilihat dengan menggerakkan indera pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Sedangkan media diorama tiga dimensi adalah gambaran situasi objek seperti keadaan aslinya dalam ukuran kecil. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yang terdiri dari 52 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran audiovisual dan media pembelajaran diorama tiga dimensi sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS for Windows 21.0 Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji T-test diketahui nilai Sig. 0,000 dimana Sig. < 0,05 maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang maknanya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. 2) Berdasarkan hasil uji T-test diketahui nilai Sig. 0,000 dimana Sig. < 0,05 maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA ssiwa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163087 NU’THIMA NAFISAH |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:50 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28564 |
Actions (login required)
View Item |