PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN 3D TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

NU’THIMA NAFISAH, 17205163087 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DAN 3D TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dan 3D Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Nu’thima Nafisah, NIM 17205163087, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Audiovisual, Diorama Tiga Dimensi, Hasil belajar Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran, seperti penggunaan media audiovisual dan diorama tiga dimensi. Media audiovisual adalah media yang bisa didengar dan dilihat dengan menggerakkan indera pendengaran dan penglihatan secara bersamaan. Sedangkan media diorama tiga dimensi adalah gambaran situasi objek seperti keadaan aslinya dalam ukuran kecil. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yang terdiri dari 52 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran audiovisual dan media pembelajaran diorama tiga dimensi sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS for Windows 21.0 Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan didasarkan pada analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji T-test diketahui nilai Sig. 0,000 dimana Sig. < 0,05 maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang maknanya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. 2) Berdasarkan hasil uji T-test diketahui nilai Sig. 0,000 dimana Sig. < 0,05 maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran diorama tiga dimensi terhadap hasil belajar IPA ssiwa kelas IV di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163087 NU’THIMA NAFISAH
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:50
Last Modified: 01 Aug 2022 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28564

Actions (login required)

View Item View Item