DIDIN REZA YOHANA, 12205183283 (2022) PERAN GURU DALAM MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 CRAKEN KEC MUNJUNGAN KAB TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Peran Guru Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek” ini ditulis oleh Didin Reza Yohana, NIM. 12205183283, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Peran Guru, Masalah Kesulitan Belajar, Peserta Didik Pada dasarnya kesulitan belajar sering dialami oleh para peserta didik di sekolah, yang perlu mendapat perhatian serius di kalangan para pendidik terutama guru kelas. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di sekolah akan membawa dampak negatif, baik terhadap diri siswa itu sendiri, maupun terhadap lingkungannya. Hal ini menyebabkan timbulnya kecemasan, frustasi, mogok sekolah, keinginan untuk berpindah-pindah sekolah karena malu telah tinggal kelas beberapa kali, dan lain sebagainya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam mengatasi masalah kesulitan belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek? (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi masalah kesulitan belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek? (3) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam mengatasi masalah kesulitan belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran Guru Sebagai Pendidik Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek, ialah guru memiliki peran untuk merubah tingkah laku peserta didik, menerapkan peraturan-peraturan pembelajaran, menerapkan metode pembelajaran, memberikan ilmu serta petunjuk pembelajaran, meminta siswa membaca materi dan memahami materi pelajaran terlebih dahulu sebelum beliau menjelaskan, memberikan arahan serta motivator belajar. (2) Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek, adalah dengan guru memberikan motivator serta arahan dalam pembelajaran, mencarikan solusi terhadap permasalahan belajar siswa, memberi les privat diluar jam pelajaran, menjadikan siswa mempunyai pemikiran dewasa dan mempunyai asusila yang baik, berperan sebagai orang tua bagi siswa saat disekolah, memberikan bimbingan dan penjelasan materi saat siswa tidak mengerti, memberikan tugas kepada siswa agar mereka belajar tidak hanya disekolah akan tetapi juga dirumah. (3) Peran Guru Sebagai Pengajar Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas IV Di SDN 1 Craken Kec Munjungan Kab Trenggalek, yaitu guru mempunyai tanggung jawab untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa, memberikan motivasi disela-sela waktu pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan strategi, metode pembelajaran dan media pembelajaran, menjadi fasilitator dan memotivator didalam kelas bagi siswa yang mengalami masalah kesulitan belajar, menjelaskan materi secara berulang-ulang agar siswa faham terhadap materi pelajaran yang dijelaskan, merancang dan melaksanakan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183283 Didin Reza Yohana |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 02:47 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28570 |
Actions (login required)
View Item |