PENGARUH KECEMASAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU

REZA PUSPITASARI, 12204183009 (2022) PENGARUH KECEMASAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecemasan dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Reza Puspitasari, NIM. 12204183009, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Kecemasan, Self Efficacy, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran matematika. Siswa beranggapan matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran matematika menimbulkan perasaan cemas ketika pembelajaran matematika berlangsung. Perasaan cemas inilah yang disebut dengan kecemasan matematika. Siswa yang mengalami kecemasan ketika pembelajaran matematika biasanya tidak mempunyai self efficacy yang tinggi untuk dapat menyelesaikan soal matematika. Kecemasan dan self efficacy yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru, (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecemasan dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E. Instrumen yang digunakan berupa angket kecemasan matematika, angket self efficacy, dan tes materi perbandingan. Uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,678 > 0,05. (2) Ada pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,027 < 0,05. (3) Ada pengaruh kecemasan dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,048 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183009 REZA PUSPITASARI
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:00
Last Modified: 01 Aug 2022 04:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item View Item