PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 KOTA BLITAR

RIZKI CATUR DIMAS MAULANA, 12211183057 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA KELAS VII DI MTS NEGERI 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya. Hal ini dikarenakan tidak sesuainya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada guru. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat meraih pembelajaran yang optimal adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini : (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa pada materi Tata surya kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata surya kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Tata surya kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya quasi experimen (eksperimen semu) dengan bentuk desain Nonequivalent Control Grub Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. Sedangkan Sampel dari penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa dari kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket, Soal Test, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample t-test dan uji MANOVA Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ada Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa pada materi Tata surya kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_a diterima. (2) Ada Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Tata surya kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_a diterima. (3) Ada Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya kelas VII MTs Negeri 1 Kota Blitar. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183057 RIZKI CATUR DIMAS MAULANA
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:35
Last Modified: 01 Aug 2022 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28605

Actions (login required)

View Item View Item