PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PORTABLE DOCUMENT FORMAT (PDF), POWER POINT (PPT), YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

MIRA ATUSSOLEKAH, 12205183046 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PORTABLE DOCUMENT FORMAT (PDF), POWER POINT (PPT), YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Portable Document Format (PDF), Power Point (PPT), dan Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar oleh Mira Atussolekah, NIM 12205183046, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, tahun 2022, yang dibimbing oleh: Dr. Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Portable Document Format (PDF), Power Point (PPT), Youtube, dan Hasil Belajar Siswa. Di zaman modern sekarang anak-anak sudah bisa menggunakan komputer. Disaat peserta didik sudah bisa menggunakan komputer, pendidik tentunya harus sudah bisa menggunakan komputer, pendidik harus lebih inisiatif dan kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Komputer bisa menjadi alat bantu bagi pendidik untuk menyampaikan materi kepada peserta didik dengan menggunaka n media pembelajaran interaktif. Untuk mengetahui media pembelajaran yang paling efektif mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah, maka peneliti mengajuka n penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana pengaruh media pembelajaran menggunakan portable document format (PDF), power point (PPT), dan Youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, (2) Seberapa besar pengaruh media pembelajaran menggunakan portable document format (PDF), power point (PPT), dan Youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitia n kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sampel jenuh yang merupakan teknik pengambilan sampel dari seluruh populasi yang terdiri dari kelas III-A, III-B, III-C dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, , uji anova, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi IBM Statistics SPSS 22.0 For Windows. Hasil penelitian ini adalah: 1) Nilai rata- rata hasil belajar tematik menggunakan media pembelajaran portable document format (PDF) pada kelas IIIA atau kelas eksperimen pertama adalah sebesar 80,8, sedangkan pada kelas III-B kelas eksperimen kedua menggunakan media pembelajaran power point (PPT) diketahui nilai rata- rata hasil belajar tematik sebesar 80,73, pada kelas III-C eksperimen ketiga dengan menggunakan media youtube nilai rata-rata hasil belajar sebesar 81,06. 2) Hasil uji Anova variabel media pembelajaran portable document format (PDF), power point (PPT), dan youtube terhadap hasil belajar siswa xv menunjukkan nilai signifikan 0,039 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahawa ܪ ଴ ditolak dan ܪ௔ diterima, yang berarti bahwa “ada pengaruh media pembelajaran portable document format (PDF), power point (PPT), dan youtube terhadap hasil belajar siswa di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. 3) Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square yaitu sebesar 0,99 × 100 = 99% artinya variable- variable portable document format (PDF), power point (PPT), dan youtube berpengaruh sebesar 99% terhadap variabel hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183046 Mira Atussolekah
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:02
Last Modified: 01 Aug 2022 05:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item