STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

FITRIA ZUHROTUL FIRDAUSI, 12201173234 (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Pada Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung” yang ditulis oleh Fitria Zuhrotul Firdausi, NIM 12201173234, pembimbing Muyassaroh, M. Pd, NIDN. 2027118201 Kata kunci: Strategi Guru, Menanamkan Sikap Sopan Santun Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan sikap peserta didik yang kurang memilki etika sopan santun terhadap orang tua, guru, maupun orang orang yang ada di sekelilingnya. Sikap yang kurang sopan santun tersebut dapat ditandai dengan sering membantah perkataan guru, membolos, tidak pernah menghiraukan nasehat guru, sering terkena hukuman dan masih banyak lagi. Maka dari itu, pentingnya peran dan perhatian orang tua, guru dan lembaga pendidikan untuk membimbing serta mendidik peserta didik menjadi pribadi yang sopan, santun serta memilki kepribadian yang islami. Karena, jika sikap yang kurang baik tersebut dibiarkan maka akan berdampak buruk pada pihak keluarga dan juga sekolah. adapun dampak buruk bagi sekolah yaitu akan menghambat proses pembelajaran serta menggangu atau menghambat proses tujuan dari pembelajaran yang akan dicapai dan telah ditentukan. Fokus penelitian dalam penulisan sekripsi ini adalah 1). Bagaimana perencanaan strstegi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? 2). Bagaimana pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? 3). Bagaimana evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini ialah 1). Untuk mengetahui perencanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, 2). Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung, 3). Untuk mengetahui evaluasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil dari penellitian yang dilakukan oleh peneliti berdasar paparan data yang peneliti temui, yaitu: Pertama, Perencanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun pada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung adalah dengan menggunakan metode keteladanan, pemberian nasehat dan pembiasaan-pembiasaan baik yang sealalu diterapkan di sekolah. Kedua, Strategi pelaksaan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ialah dengan menerapkan sikap teladan berupa pembiasaan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), sholat berjama’ah di masjid sekolah, bersikap baik, tidak membantah perintah bapak/ibu guru, pembiasaan program atau kegiatan keislaman di sekolah, menjalankan ekstrakulikuler keislaman dan memperingati PHBI di sekolah. Ketiga, Evaluasi Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap sopan santun kepada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang mana guru Pendidkan Agama Islam dapat mengetahui sikap peserta didik melalui nilai raport. Selain itu, SMPN 1 Ngunut Tulungagung ini sangat menerapkan disiplin tinggi sehingga apabila terdapat peserta didik yang kurang disiplin atau tidak menaati peraturan sekolah, maka akan diberi sanksi tegas dan beberapa bimbingan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173234 FITRIA ZUHROTUL FIRDAUSI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:44
Last Modified: 11 Aug 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28616

Actions (login required)

View Item View Item