ARIESTA APRILIAN NOVANDA, 12210183119 (2022) PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENANGGAPI LISAN SISWA KELAS IX SMP DARUL ULUM 1 PETERONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Pengaruh Model Talking Stick terhadap Kemampuan Menanggapi Lisan Siswa Kelas IX SMP Darul Ulum 1 Peterongan Tahun Ajaran 2021/2022 ini ditulis oleh Ariesta Aprilian Novanda, NIM 12210183119, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Kata kunci: model Talking Stick, memberi tanggapan lisan Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran sangat penting untuk membantu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi teks tanggapan. Model pembelajaran talking stick memiliki karakter yang menenitikberatkan siswa pada proses pembelajaran bermain sambil belajar. Model pembelajaran talking stick ini cocok digunakan di SMP Darul Ulum 1 Peterongan karena di sekolah tersebut model pembelajaran talking stick belum pernah digunakan oleh guru. Konsep dari model pembelajaran talking stick akan mendorong guru dan siswa melaksanakan praktik pembelajaran secara aktif dan kreatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model talking stick terhadap kemampuan memberi tanggapan lisan siswa kelas IX SMP Darul Ulum 1 Peterongan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Darul Ulum 1 Peterongan dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas IX.6. Peneliti menggunakan sampel kelas IX.6 dengan desain sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menanggapi secara lisan. Data nilai menanggapi secara lisan yang dikumpulkan di analisis secara statistik dengan uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis yaitu uji f test dan uji independent sample ttest untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hasil penelitian yaitu: terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan memberi tanggapan lisan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji T dalam Independent Samples T- Test yaitu nilai signifikan (2tailed) senilai 0,171. Dengan demikian, jika nilai signifikan (2-tailed) > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap kemampuan memberi tanggapan lisan dengan rata-rata hasil posttest kelas kontrol 75 sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen 80.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210183119 ARIESTA APRILIAN NOVANDA |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28619 |
Actions (login required)
View Item |