FIRDA AMELIA, 12205183059 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENGAJAR SISWA KELAS I DI MI FALAHIYAH KARANGREJO KARANGGENENG LAMONGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (816kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (616kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (349kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (835kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Jarak Jauh dalam Mengajar Siswa Kelas I di MI Falahiyah Karangrejo Karanggeneng Lamongan” ini ditulis oleh Firda Amelia, NIM. 12205183059, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Jarak Jauh, Mengajar Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa adanya virus Pandemi covid-19 di tahun 2020/2021. Sehingga munculah peraturan baru dengan keputusan yang dibuat oleh Menteri Pendidikan bahwa sekolah tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka melainkan dianjurkan untuk mengadakan pembelajaran secara pembelajaran jarak jauh. Dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh, faktanya ada masalah yang terjadi selama pembelajaran seperti guru lebih sulit mengajar di kelas rendah karena minimnya antusias siswa. Maka, peneliti meneliti lebih dalam mengenai implementasi model pembelajaran jarak jauh. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persiapan guru ketika mengimplementasikan model pembelajaran jarak jauh dalam mengajar siswa kelas I di MI Falahiyah Karangrejo? (2) Bagaimana tahapan pelaksanaan ketika mengimplementasikan model pembelajaran jarak jauh dalam mengajar siswa kelas I di MI Falahiyah Karangrejo? (3) Bagaimana kendala dan solusi ketika mengimplementasikan model pembelajaran jarak jauh dalam mengajar siswa kelas I di MI Falahiyah Karangrejo. Tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan persiapan, tahapan pelaksanaan dan kendala maupun solusi guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang berlokasi di MI Falahiyah. Teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persiapan guru yaitu menentukan materi, RPP, handphone, whatshaap dan kuota internet. (2) Tahapan pelaksanaan yaitu tahapan pra intruksional, tahapan intruksional dan tahapan evaluasi dan tindak lanjut. (3) Kendala yaitu minimnya antusias siswa, kuota internet habis, jaringan internet yang tidak stabil, siswa belajar sendiri, orang tua tidak mahir mengoperasikan handphone, keterlambatan dalam mengumpulkan tugas. Adapun solusinya yaitu menciptakan model/media pembelajaran baru, kongsi handphone, bimbingan dari orang tua, memperbaiaki jaringan dan menyediakan kuota internet, memberi penjelasan, masukan dan saran terhadap siswa dan orang tua dan harus adanya 3 faktor keberhasilan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183059 FIRDA AMELIA |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 04:28 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28622 |
Actions (login required)
View Item |