NAILI QURROTU A’YUNIN, 12208183056 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MA BILINGUAL ULUL ALBAB NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (897kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (697kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menafsirkan konsep yang baru diterima dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang ada untuk membentuk struktur pengetahuan yang baru. Pada faktanya kemampuan siswa memahami materi sistem reproduksi manusia masih rendah, kebanyakan dari mereka hanya menghafal konsep. Kemampuan seseorang untuk memahami suatu konsep erat kaitannya dengan bagaimana seseorang memperoleh atau mempelajari pengetahuan. Cara seseorang memperoleh pengetahuan disebut sebagai gaya belajar, dimana gaya belajar merupakan cara yang lebih sering digunakan seseorang dalam menyerap dan untuk mengatur suatu informasi yang didapatkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik pada materi Sistem Reproduksi Manusia siswa kelas XI IPA MA Bilingual Ulul Albab Nganjuk. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa diantaranya 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi proses pembelajaran, tes pemahaman konsep, angket gaya belajar dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan gaya belajar visual, kedua subjek mempunyai kategori pemahaman konsep IPA yang berbeda. Kategori yang memenuhi kedua subjek ada 3 yaitu menafsirkan, mencontohkan dan mengklasifikasikan. Untuk siswa dengan gaya belajar auditorial, kedua subjek mempunyai kategori pemahaman konsep IPA yang berbeda. Kategori yang memenuhi kedua subjek ada 3 yaitu mencontohkan, mengklasifikasikan dan merangkum. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik, kedua subjek mempunyai kategori pemahaman konsep IPA yang berbeda. Kategori yang memenuhi kedua subjek ada 4 yaitu menafsirkan, mengklasifikasikan, membandingkan dan menjelaskan makna konsep. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa siswa dengan gaya belajar visual mempunyai jumlah pemahaman konsep IPA yang sama dengan gaya belajar auditorial, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik mempunyai jumlah pemahaman konsep yang lebih baik dibanding siswa yang mempunyai gaya belajar visual dan auditorial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183056 NAILI QURROTU A'YUNIN |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 01:26 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 01:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28627 |
Actions (login required)
View Item |